Salin Artikel

Puluhan Siswa SD Negeri di Bandung Barat Belajar Tanpa Meja dan Bangku

Mereka terpaksa melaksanakan KBM dengan lesehan di atas karpet dengan meja belajar lipat seadanya.

Puluhan siswa itu tampak antusias memperhatikan seorang guru yang menyampaikan mata pelajaran di papan tulis meski dengan kondisi berdesakan demi bisa berada di atas karpet.

Kepala Sekolah SDN 1 Cipeundeuy Siti Halimah mengatakan, jumlah siswa yang terpaksa belajar dengan lesehan hanya kelas IV dengan 43 siswa.

"Kalau belum ada bangku, iya memang betul. Karena kelas ini baru jadi. Tapi sudah kita ajukan ke Dinas Pendidikan untuk pengadaan," ungkap Siti saat ditemui, Selasa (18/7/2023).

Kondisi ini terpaksa dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024 lantaran masih menunggu proses bantuan sarana dan prasaran dari Dinas Pendidikan (Disdik) Bandung Barat.

"Pihak sekolah sudah mengajukan dan sudah sampai. Tapi kan yang namanya pemberian itu ada prosedur dan waktu. Tapi kita sudah upayakan agar bisa segera," ujar Siti.

Selama proses itu berlangsung, KBM kelas IV di SDN 1 Cipeundeuy terpaksa harus dilaksanakan dengan cara lesehan menggunakan karpet dan meja lipat.

Menurut Siti, keputusan untuk melaksanakan KBM dengan cara menggelar karpet ini berdasarkan kesepakatan bersama orangtua siswa yang memahami kondisi sekolah.

"Saya selalu konfirmasi dengan orangtua siswa. Kan kelas belum ada bangku dan mejanya, sementara anak-anak harus tetap nyaman belajarnya," kata Siti.

"Akhirnya orang tua mengizinkan anak-anak sampai maksimal dua bulan belajar tanpa meja dan kursi sambil menunggu bantuan datang," tambahnya.

Sementara itu, Yusuf Rizki salah seorang siswa kelas IV mengaku tak maslah dengan kondisi tersebut. Ruang kelas dengan fasilitas alas karpet dan meja lipat menurutnya sudah cukup membuat belajar nyaman.

"Di bawa asik aja. Bisa sambil tiduran, bisa lepas sepatu, jadi gak panas," kata Yusuf.

https://bandung.kompas.com/read/2023/07/18/140808978/puluhan-siswa-sd-negeri-di-bandung-barat-belajar-tanpa-meja-dan-bangku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke