Salin Artikel

44 Karyawan Perusahaan di Bandung Diduga Keracunan Makanan

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 44 karyawan perusahaan yang berlokasi di Jalan Ibrahim Adjie, Kota Bandung, Jawa Barat, dilarikan ke Rumah Sakit Pindad setelah diduga keracunan makanan katering yang dipesan perusahaan tempat mereka bekerja.

Pihak kepolisian sudah mengambil sampel makanan untuk diuji laboratorium untuk memastikan kandungan yang ada pada makanan karyawan tersebut.

Kepala Kepolisian Sektor Batununggal Iptu Sonny Rinaldi menjelaskan, insiden keracunan ini terjadi pada Jumat (21/7/2023) siang sekitar pukul 12.00 WIB.

Saat itu, karyawan perusahaan tersebut memasuki jam istirahat. Mereka semua menyempatkan waktu istirahat untuk makan makanan katering yang dipesan perusahaan tempat mereka bekerja.

"Perusahaan pake katering untuk makan siang karyawannya yang saat itu serentak istirahat makan siang. Setelah itu mereka lanjut bekerja," ucap Sonny saat dihubungi, Sabtu (22/7/2023).

Jelang pukul 14.00 WIB, para karyawan itu mulai merasakan pusing, mual-mual, dan muntah. Kondisi itu terjadi secara bertahap dan bergantian hingga pukul 17.00 WIB.

"Awalnya mereka ada yang istirahat dulu karena pusing dan mual, jeda dua jam kemudian ada lagi lima orang, jam 4 sore sampai jam 5 sore. Habis shalat ashar mereka semua dibawa ke Rs Pindad, totalnya 44 orang," ucap Sonny.

Pihak kepolisian mendapat informasi itu sekitar pukul 18.00 WIB. Pihaknya kemudian memanggil pihak human resource departement (HRD) perusahaan tersebut untuk meminta keterangan dugaan keracunan makanan karyawan perusahaan garmen tersebut.

Sonny kemudian mendatangi rumah sakit tempat para karyawan itu mendapatkan perawatan medis.

"Mereka (karyawan yang diduga keracunan) dirawat dan diinfus di rumah sakit," ucapnya.

"Jadi sudah biasa kerja sama, tapi baru kali ini ada peristiwa itu," ucapnya.

Malam itu, pihak kepolisian langsung mendatangi lokasi untuk melakukan pengecekan serta mengambil sejumlah sampel makanan guna kepentingan uji laboratorium.

"Dicek di lab, ada kandungan apa di makanannya," ucap Sonny.

Saat ini, kasus itu telah dilimpahkan ke Polrestabes Bandung. Nantinya, jajaran Sat Reskrim Polrestabes Bandung yang akan menangani kasus dugaan keracunan tersebut.

"Sudah dilimpahkan ke Polrestabes Bandung, nanti tunggu lab dulu gimana hasilnya," ucap Sonny.

Sementara itu, 44 karyawan yang sempat dirawat di RS Pindad saat ini sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

"Jam 3 subuh tadi sudah pulang semua, pembayaran perawatan pun sudah ditangani semua sama perusahaan mereka bekerja," kata Sonny.

https://bandung.kompas.com/read/2023/07/22/142530478/44-karyawan-perusahaan-di-bandung-diduga-keracunan-makanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke