Salin Artikel

Ngotot Ziarah ke Gunung Sanggabuana meski Sakit, Tatang Tewas di Jalur Pendakian

KARAWANG, KOMPAS.com - Seorang peziarah ditemukan tewas di Gunung Sanggabuana, Karawang, Jawa Barat.

Peziarah itu seorang pria dan ditemukan meninggal di jalur pendakian Gunung Sanggabuana, Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Sabtu (22/7/2023).

Camat Tegalwaru Bunawan mengatakan, peziarah ditemukan tewas di Gunung Sanggabuana itu bernama Tatang Arifin, warga Kampung Bojong, RT 001, RT 003, Desa Cilamaya, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang.

Bunawan memastikan Tatang bukan pendaki gunung. Tatang datang ke Gunung Sanggabuana untuk berziarah ke makam di atas gunung.

Pria itu mendaki gunung seorang diri dengan kondisi sakit. Hal itu diketahui petugas Pos 1.

"Pada pukul 16.00 WIB, almarhum mengisi buku tamu dan menunaikan shalat Ashar di mushala pos 1 kontrol Sanggabuana. Oleh petugas disarankan agar tidak melanjutkan perjalanan karena almarhum sedang puasa, kondisi fisiknya lemah," kata Bunawan saat dihubungi, Minggu (23/7/2023).

Diketahui, perjalanan menuju puncak Sanggabuana membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Jalur tanjakan yang lumayan curam dinilai cukup menguras tenaga.

Meski sudah diperingati petugas, Tatang tetap melakukan perjalanan menuju puncak. Pada pukul 23.00 WIB, petugas kemudian mendapatkan informasi ada sosok seperti tubuh manusia yang tergeletak di jalur pendakian.

"Namun karena kondisi jalur yang ekstrem dan gelap, maka evakuasi tidak dilakukan malam itu," Bunawan.

Evakuasi kemudian dilakukan pada Sabtu (22/7/2023) pukul 09.00 WIB. Jasad Tatang dibawa ke perkampungan terdekat sebelum oleh tim Inafis dibawa ke RSUD Karawang. Tim Inafis juga telah melakukan olah TKP.

Agar peristiwa serupa tak terulang, Bunawan berpesan kepada masyarakat yang ingin melakukan pendakian agar memastikan kondisi tubuh sehat. Sehingga hal-hal yang tak diinginkan tidak terjadi.

"Sebelum mendaki kami imbau pastikan tubuh sedang sehat," ujar Bunawan.

https://bandung.kompas.com/read/2023/07/23/145928678/ngotot-ziarah-ke-gunung-sanggabuana-meski-sakit-tatang-tewas-di-jalur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke