Salin Artikel

Kenalan di Facebook, Remaja 15 Tahun Asal Bandung Jadi Korban TPPO

BANDUNG, KOMPAS.com - A (15), warga Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) oleh pelaku yang dikenalnya lewat Facebook.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo mengatakan, sebelum diberangkatkan korban lebih dulu dibuatkan identitas palsu di wilayah Karawang.

"Betul, dia (korban) kenal di facebook. Janjian ketemu di Karawang," katanya ditemui di Mapolresta Bandung, Soreang, pada Jumat (28/7/2023).

Kusworo menduga, alasan korban tersebut dibuatkan identitas palsu, lantaran korban masih di bawah umur.

"Jadi prosesnya adalah anak ini berangkat ke Karawang terlebih dahulu, bertemu dengan orang yang di kenalnya di Facebook, dibuatkan KTP Palsu, kemudian berangkat ke Bangka Belitung, anak ini masih di bawah umur ya," terangnya.

Selain itu, korban juga di iming-imingi pekerjaan yang layak dan upah yang tinggi. Namun, selama satu pekan di Bangka Belitung, korban hanya dipekerjakan sebagai pencari ikan dan dibebankan hutang sebesar Rp 3 juta.

"Korban ini dijanjikan pekerjaan yang layak di sana dengan upah yang tinggi, namun ternyata hanya diberikan upah Rp 600.000 dan janji pekerjaan yang layak pun tak kunjung datang," ujar Kusworo.

Meski korban mengaku tak mendapatkan ancaman dari orang yang memberangkatkannya tapi dia (korban) tak berani pulang atau melarikan diri, lantaran dijerat utang.

"Dengan jeratan hutang, si anak belum diperbolehkan pulang sampai dengan penghasilannya digunakan untuk membayar utang kembali," terang dia.


Kusworo mengungkapkan, pihaknya tidak mengamankan tersangka yang memberangkatkan korban, lantaran TKP pembuatan KTP palsu tersebut ada di wilayah hukum Kepolisian Karawang.

"Sehingga satreskrim Polresta Bandung, Polsek Ibun, berkoordinasi dengan Satreskrim Polres Karawang. Jika nantinya korban akan melanjutkan pelaporan dengan TPPO nya," katanya.

"Sementara karena TKP nya bukan di Kabupaten Bandung, sehingga kami tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pemeriksaan kepada pihak terkait. Kami menyarankan kepada korban seandainya akan meneruskan pelaporannya akan ditindaklanjuti oleh Polres Karawang," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/07/28/184024478/kenalan-di-facebook-remaja-15-tahun-asal-bandung-jadi-korban-tppo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke