Salin Artikel

Kebakaran Rumah di Tasikmalaya Diduga karena Laptop Meledak

KOMPAS.com - Kebakaran melanda rumah yang berada di Desa Cikadongdong, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Selasa (1/8/2023).

Kebakaran diduga disebabkan laptop yang diletakkan di atas kasur meledak saat tengah diisi daya.

Kepala Desa Cikadongdong, Ali Barkah membenarkan adanya peristiwa tersebut. Dia pun menduga laptop yang sedang diisi daya itulah penyebab kebakaran.

“(Penyebab kebakaran) Kemungkinan dari sana (laptop) karena yang rusak itu tempat tidur, laptop, dan (perangkat) audio di sana,” kata Ali, dikutip dari TribunJabar.id.

Dia menjelaskan, api hanya melalap satu ruangan dalam rumah tersebut. Beberapa perangkat elektronik juga tampak meleleh terkena panas.

Ali menyatakan, kerugian yang dialami pemilik rumah akibat kebakaran tersebut mencapai sekitar Rp 50 juta.

“Satu ruangan itu saja. Lemari juga kena. Kalau soal korban jiwa, tidak ada,” tandasnya.

28 rumah terbakar karena STB meledak

Kejadian serupa juga pernah terjadi di Jalan Sido Ing Lautan, Kelurahan 36 Ilir, Kecamatan Gandus, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

28 rumah di kawasan padat penduduk terbakar diduga karena Set Top Box (STB) milik salah satu warga meledak, pada Rabu (19/7/2023).

Kapolsek Gandus, AKP Wanda Dhira Bernard mengatakan, api diduga pertama kali muncul dari salah satu rumah warga pemilik STB TV yang meledak.

“Sampai saat ini total sudah 28 rumah yang terbakar. Dugaannya karena STB milik warga meledak dan terbakar,” ujar Wanda, Rabu (19/7/2023).

Selama proses pemadaman, para korban tinggal di tenda pengungsian atau di rumah keluarganya.

“Keterangan warga, pemilik rumah lupa mematikan TV sehingga STB itu meledak dan terjadi kebakaran. Namun ini akan dipastikan lagi,” ucap Wanda.

15 unit mobil pemadam kebakaran diturunkan. Api pun berhasil dipadamkan sekitar dua jam kemudian. Api cepat menyebar diduga karena rumah di wilayah tersebut kebanyakan terbuat dari kayu.

Direktur Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda Sumsel, Kombes Pol Andreas Kusmaedi menyampaikan, lokasi kawasan padat penduduk yang terbakar itu berada tepat di pinggiran Sungai Musi.

“Karena lokasi sulit dijangkau, proses pemadaman juga dilakukan lewat sungai,” pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/08/02/130536478/kebakaran-rumah-di-tasikmalaya-diduga-karena-laptop-meledak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke