Salin Artikel

Bendera Merah Putih Sepanjang 1,3 Km Dibentang di Perkampungan Bandung Barat

Ratusan warga di perkampungan wilayah selatan Bandung Barat itu menyemarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 dengan membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 1,3 kilometer.

"Bendera panjang ini merupakan bentuk ekspresi warga yang digagas oleh warga RW 02 dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78," ungkap Kepala Desa Cikadu, Depi Sy Chobir saat ditemui KOMPAS.com di lokasi, Jumat (4/8/2023).

Depi menjelaskan, bendera berukuran 1,3 meter ini dibentangkan di atas ketinggian 5 meter dengan total panjang 1.305 meter di sepanjang Jalan Cikadu.

"Sekarang yang baru terbentang baru 540 meter, sedang dalam proses pembuatan 765 meter. Jadi total panjangnya 1.305 meter," kata Depi.

Pembuatan bendera raksasa ini murni muncul dari ide masyarakat desa dengan spirit merayakan hari kemerdekaan yang kemudian diwujudkan secara gotong royong dan swadaya.

"Ini murni antusias warga tanpa ada unsur politik sedikitpun di belakangnya. Mereka iuran seikhlasnya dan sumbang tenaga secara swadaya," sebut Depi.

https://bandung.kompas.com/read/2023/08/04/155940478/bendera-merah-putih-sepanjang-13-km-dibentang-di-perkampungan-bandung-barat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke