Salin Artikel

Ujian Praktik SIM C Diubah, Wadirlantas Polda Jabar: untuk Menghindari Calo

BANDUNG, KOMPAS.com - Seluruh Polres di bawah Polda Jabar mengubah lintasan praktik uji coba Surat Izin Mengemudi (SIM) khusus roda dua. Lintasan berbentuk angka 8 dan Zig Zag dihapus, diganti lintasan bentuk U dan S.

Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda Jabar Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Edwin Afandi mengatakan, hal ini untuk mempermudah masyarakat membuat SIM dan menghindari praktik pungli atau calo.

"Awalnya kita tahu, ada lintasan berbentuk angka 8 dan Zig-Zag, sekarang diubah menjadi lebih mudah dengan lintasan berbentuk huruf U dan S ," katanya ditemui di Mapolresta Bandung, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (7/8/2023).

Edwin mengungkapkan, selain lintasannya cenderung lebih mudah, ujian teori SIM pun tergolong gampang karena contoh soalnya bisa dicari di internet.

"Dengan sistem yang baru tentunya kita melihat dalam uji praktik SIM itu tidak ada lagi kesukaran. Jadi agar masyarakat pengguna jalan yang ingin mendapatkan SIM C tidak melewati calo. Kita rasa masyarakat sudah saatnya patuh dan mengutamakan keselamatan lalu lintas," ungkap dia.

Pihaknya berharap perintah Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo itu bisa membuat masyarakat lebih patuh terhadap aturan lalu lintas, terutama pembuatan SIM.

"Namun lebih realistis dan logis. Mereka mudah-mudahan dengan cepat menyesuaikan dan segera mendapatkan sim. Kita berharap dengan kondisi ini masyarakat lebih tertib, lebih patuh, dalam memperoleh SIM. Melaksanakan ujian praktek tidak dihantui dengan ketakutan," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/08/07/173517478/ujian-praktik-sim-c-diubah-wadirlantas-polda-jabar-untuk-menghindari-calo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke