Salin Artikel

Imbas El Nino, Terjadi 13 Kali Kebakaran Lahan Gambut di Kabupaten Bandung

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung, Hilman Kahar mengatakan, kejadian tersebut terjadi sejak Juli 2023.

"El Nino itu kan di mulai Juli kemarin, sekarang kita sedang hadapi. Kebakaran lahan gambut, hutan bambu itu tanda-tandanya," katanya ditemui di Rumah Dinas Bupati Bandung, Selasa (8/8/2023).

Hilman menjelaskan, kebakaran lahan gambut yang terjadi atau kebakaran lainnya terjadi karena fenomena alam.

Pasalnya, saat ini suhu di Bandung Raya saat siang hari tergolong sangat panas.

"Kebakaran yang terjadi karena faktor alam itu karena sekarang kan situasinya atau cuacanya lagi panasnya," tuturnya.

Tidak hanya faktor alam, faktor kelalaian manusia disebut ikut menjadi salah satu penyebab kebakaran lahan gambut dan lainnya bisa terjadi.

Bahkan, dari 13 kali kejadian kebakaran lahan gambut, setengahnya disebabkan oleh kelalaian manusia.

"Banyak sebabnya, contoh Pecinta Alam habis naik gunung bikin api unggun terus sebelum pulang lupa menuntaskan pemadaman bekas api unggunnya. Kemudian yang suka jalan-jalan ke gunung dan sengaja melemparkan bekas rokok yang baranya masih menyala ke lahan kering. Selanjutnya ada juga yang bakar sampah kemudian sampah yang terbakarnya terbawa angin dan jatuh di salah satu lahan, itu juga jadi penyebabnya," beber dia. 


Hal itu, lanjut dia, bisa terus terjadi sepanjang El Nino masih belum berakhir.

Mengantisipasi jumlah kebakaran lahan tidak meningkat. Pihaknya menyebut telah membentuk relawan kebakaran di 32 desa yang ada di Kabupaten Bandung.

"Puncaknya diprediksi September sekarang, karena wilayah Kabupaten Bandung yang luas kita siapkan relawan di tiap desa, memang sekarang baru 32 desa. Itu digagas agar menutupi kebutuhan personel," beber dia. 

Selain itu, kerja sama dengan lembaga lain seperti Perhutani juga dilakukan guna mengawasi kebakaran lahan.

"Kita juga kerja sama dengan Perhutani, karena ada Polisi Hutan dan mereka yang menjaga hutan lindung secara administrasi. Tapi ketika kejadian ya kita gotong-royong," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/08/08/182154278/imbas-el-nino-terjadi-13-kali-kebakaran-lahan-gambut-di-kabupaten-bandung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke