Salin Artikel

Sandiaga Uno Bentuk Tim Telusuri Dugaan Pelecehan Miss Universe Indonesia

Pembentukan Tim tersebut, kata Sandi, sebagai bentuk menjaga kepercayaan publik. Saat ini kasus tersebut telah masuk ke ranah hukum. 

"Saya sudah menerjunkan tim langsung untuk mengatasi isu yang berkembang. Kita lakukan tim, dan memastikan sekarang kan sudah masuk ranah hukum. Kita akan pantau agar investigasi yang dilakukan ini membuahkan kepercayaan masyarakat," katanya ditemui di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/8/2023).

Sandi memastikan kasus tersebut harus terbuka dan transparan dalam penindakannya.

"Harus terbuka, harus transparan, harus disampaikan kepada publik perkembangannya seperti apa," tutur dia.

Sandi menambahkan, telah menerima laporan terkait SOP seleksi event Miss Universe Indonesia 2023.

Ia menduga penyelenggara masih belum bisa memastikan setiap kegiatannya berjalan dengan baik.

"Sudah melapor kepada kita, dan SOP yang sudah disepakati itu sudah ada. Karena mungkin penyelenggaraan di lapangannya pada saat acaranya itu harus kita betul-betul pastikan. Jangan sampai ada pelecehan seksual yang sangat merugikan dan mencoreng muka pariwisata," ujarnya.

Selain itu, Sandi memastikan akan ada konsekuensi hukum terkait kasus tersebut.

"Tentunya ada sanksi hukum," beber dia.


Event lokal terus berlangsung 

Meski saat ini ajang Miss Universe Indonesia 2023 sedang mengalami kasus, Sandi menyebut hal itu tidak akan berpengaruh terhadap penyelenggaran  ajang serupa seperti Abang-None Jakarta atau Mojang-Jajaka di Jawa Barat.

"Seperti Abang-None, Mojang-Jajaka, itu akan terus berjalan. Karena ini bagian dari pada menjaring talenta-talenta untuk mendukung pariwisata Indonesia," terang dia.

Menurutnya, acara serupa tapi bertaraf lokal mesti dijaga dari mulai persiapan hingga akhir.

Pasalnya, acara seperti Mojang-Jajaka, merupakan sebuah ajang promosi untuk meningkatkan promosi ekonomi kreatif.

"Karena kita setiap tahun itu ada lomba abang none, kalau di kabupaten bandung mojang jajaka. Semua kita gunakan untuk promosi duta pariwisata ekonomi kreatif. Jangan sampai tercoreng karena ada kejadian yang melanggar hukum. Jika seandainya ada, tindakan melanggar hukum itu harus di hukum dengan ketegasan, agar ini tidak terulang kembali dan berpotensi mencoreng wajah pariwisata Indonesia," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/08/10/203423678/sandiaga-uno-bentuk-tim-telusuri-dugaan-pelecehan-miss-universe-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke