Salin Artikel

Ridwan Kamil Ungkap Jokowi Punya Solusi Multidimensi untuk Polusi, Bukan Cuma WFH

Dia akan mempelajari perintah multidimensi dari Presiden Joko Widodo terkait kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Ridwan kamil menyebutkan, penyelesaian masalah udara sangat kompleks.

Penentuan jalan keluar tidak hanya sekedar WFH yang terpotong-potong, melainkan harus komprehensif dan menyeluruh.

“Intinya, Presiden memberikan arahan multidimensi. Saya akan mem-posting arahan-arahan Presiden, enggak bisa hanya sepotong urusan WFH, solusinya viral, dan seolah daerah lain tidak diperhatikan,” kata Ridwan Kamil saat ditemui Kompas.com di Cirebon, Selasa (22/8/2023).

Ridwan Kamil juga menyampaikan telah menerima sepuluh poin multidimensi yang ditawarkan Presiden Joko Widodo, terkait kondisi polusi udara yang kian tinggi.

Dia akan mempelajari sepuluh poin tersebut untuk dikoordinasikan dan diterapkan sebagai upaya menurunkan kadar polusi udara.

Beberapa aspek multidimensi yang akan dipelajari, kata Ridwan Kamil, antara lain PLTU dievaluasi, mobil bensin berpindah ke mobil listrik, uji emisi, dan lainnya.

“Ya, multidimensi, urusan PLTU-nya dievaluasi, urusan mobil-mobil bensin yang bergeser ke listrik, urusan WFH, urusan pengujian emisi, urusan evaluasi terkait peraturan, dan lainnya. Insya Allah dalam waktu dekat saya akan menjawab soal ini secara komprehensif,” tambah RK.

Sebelumnya diberitakan, Ridwan Kamil mengatakan soal polusi udara yang terjadi di sekitar Jakarta akan dibahas oleh tiga pemerintahan provinsi, termasuk Jawa Barat.

Pasalnya beberapa kota kabupaten, antara lain Bogor, Depok, dan Bekasi, berada dekat dan menjadi daerah penyangga ibukota Jakarta.

https://bandung.kompas.com/read/2023/08/22/175635378/ridwan-kamil-ungkap-jokowi-punya-solusi-multidimensi-untuk-polusi-bukan-cuma

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke