Salin Artikel

Bencana Tanah Bergerak di Cirebon Rusak 4 Rumah, Dipicu Tebing Longsor

KOMPAS.com - Bencana tanah bergerak membuat empat rumah warga Dusun Gunakarya, Desa Gumlungtonggoh, Cirebon, Jawa Barat, alami kerusakan.

Menurut Kepala Dusun Gunakarya Andri Hidayat, salah satu rumah yang paling parah adalah milik Siti Rokayah (37). Dinding dan lantai Rumah warga RT 1 RW 7 itu retak.

“Ini rumah yang pertama. Retaknya hampir terjadi di seluruh dinding dalam hingga keluar. Ada yang retaknya berukurannya sekitar dua hingga tiga sentimeter hingga menembus ke sisi sebelahnya,” kata Andri.

Selain rumah milik Siti, ada tiga rumah warga lainnya yang alami keretakan.

Tebing bukit longsor

Menurut Andri, bencana itu terjadi usai tebing di sekitar pemukiman alami longsor. Dari pantauan Pemerintah Desa (Pemdes), setidaknya 50 rumah di sekitar tebing yang longsor itu terancam.

"Sebagian retak-retak, temboknya, lantainya juga. Hari ini ada 4 rumah yang retak, dan rumah yang terdampak ada sekitar 40 hingga 50 menit,” kata Andri.

Andri mengaku sudah berkoordinasi dengan perangkat Desa Gumulungtonggoh, serta dilakukan beberapa pertemuan dengan pihak lain termasuk BPBD dan lainnya untuk mencarikan solusi.

Warga cemas

Seperti diberitakan sebelumnya, Siti Rokayah mengaku cemas dengan kondisi rumahnya.

Selain itu, kata Siti, dirinya sudah beberapa kali memperbaiki retakan yang terjadi sejak beberapa waktu lalu.

“Hampir semua retak dan rusak mas. Sudah diganti tuh keramik, retak lagi. Retak lagi. Pintu sudah dipotong disesuaikan, masih macet lagi karena tanah yang tidak stabil. Dibetulin juga berubah terus sih,” kata Siti saat ditemui di rumahnya.

Siti dan sejumlah warga lainnya mengaku was-was longsor akan terjadi tiba-tiba. Bencana tanah bergerak di dusunya sudah terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

Namun kondisi paling parah terjadi dalam sepekan ini. 

(Penulis : Muhamad Syahri Romdhon | Editor : Gloria Setyvani Putri)

https://bandung.kompas.com/read/2023/08/23/071538678/bencana-tanah-bergerak-di-cirebon-rusak-4-rumah-dipicu-tebing-longsor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke