Salin Artikel

Kekeringan dan Krisis Air di Cianjur, BPBD Siapkan Pasokan Air Bersih

CIANJUR, KOMPAS.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, siapkan pasokan air bersih dan alkon atau mesin pompa air untuk menghadapi bencana kekeringan dan krisis air bersih.

Sekretaris BPBD Cianjur, Rudi Wibowo mengatakan, terkait pasokan air bersih telah berkoordinasi dengan pihak Perumdam atau PDAM setempat.

“Untuk alkon kita siapkan apabila ada masyarakat yang membutuhkan untuk menyedot air. Namun, jumlah unitnya sangat terbatas,” kata Rudi kepada Kompas.com, Senin (28/8/2023).

Rudi mengatakan, BPBD Cianjur telah menginstruksikan personel dan relawan tanggap darurat (Retana) di masing-masing desa untuk melakukan pemantauan terkait potensi kebencanaan ini.

Sejauh ini, pemerintah daerah belum menetapkan status siaga darurat kekeringan.

“Suratnya sudah diajukan, tapi belum ada penetapan SK. Memang ada beberapa wilayah rawan kekeringan di musim kemarau ini, seperti Cibeber, Sukaluyu, dan beberapa kecamatan di wilayah timur,” ujar dia.

Kendati begitu, menurut Rudi, masyarakat masih bisa mendapatkan pasokan dan ketersediaan air bersih di lingkungan masing-masing.

“Sehingga belum dinyatakan daurat air bersih karena masih ada sumur-sumur warga yang masih bisa diambil airnya,” kata Rudi.

BPBD Cianjur mengimbau masyarakat untuk berhemat air mengingat kemarau diprediksi masih akan berlangsung dalam beberapa bulan ke depan.

"Bagi warga yang mampu mungkin bisa melakukan normalisasi sumurnya yang sudah dangkal,” ujar Rudi.

Sebelumnya, sejumlah warga di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengalami kesulitan air bersih dampak kemarau panjang..

Warga terpaksa menggunakan air sungai untuk memenuhi kebutuhan mandi, cuci, dan kakus (MCK).

Selain itu, warga juga mencari sumber-sumber air baru, salah satunya dengan membuat lubang atau cerukan di pinggir dasar sungai.

https://bandung.kompas.com/read/2023/08/28/102352978/kekeringan-dan-krisis-air-di-cianjur-bpbd-siapkan-pasokan-air-bersih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke