Salin Artikel

1.600 Ton Sampah Menumpuk di Bandung Barat, Muncul Opsi Buka Lagi TPA Lembang

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandung Barat mencatat, 1.600 ton lebih sampah di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, terpaksa menumpuk tidak terangkut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung Barat Ade Zakir mengatakan, ribuan ton sampah yang menumpuk itu berdasar asumsi rata-rata 150 ton sampah per hari yang diakumulasi selama TPA Sarimukti berhenti beroperasi.

"Kurang lebih jumlahnya ada 1.600 ton sampah menumpuk. Itu kalau diakumulasikan selama tak terangkut," ujar Ade saat dihubungi, Rabu (30/8/2023).

Penumpukan sampah ini menjadi persoalan baru di wilayah permukiman masyarakat, bau tak sedap dan ancaman penyakit menjadi kekhawatiran tersendiri warga akan timbunan sampah yang tak terangkut.

Saat ini, Pemkab Bandung Barat masih menunggu keputusan Pemprov Jabar mengenai penyediaan zona darurat sebagai tempat pembuangan sampah sementara sampai penanganan kebakaran selesai.

Di sisi lain, Pemkab Bandung Barat tengah menyiapkan beberapa opsi untuk penanggulangan darurat sampah yang terjadi.

Setidaknya ada tiga opsi penanggulangan sampah yang menjadi pilihan untuk penanganan sampah.

"Pertama, apakah kita mengaktivasi bekas TPA yang pernah ada di Lembang, tapi kita masih pikirkan kemungkinannya untuk mengaktivasi minimal untuk melayani warga di Kecamatan Lembang," kata Ade.

Ade menjelaskan, lahan bekas TPA yang dimaksud merupakan aset Pemkab Bandung Barat dengan luas tiga hektar di Kampung Pasir Buluh, Desa Wangunharja, Kecamatan Lembang.

"Itu untuk melayani persampahan di kecamatan Lembang, syukur-syukur kalau bisa bergeser ke kecamatan Parongpong dan Cisarua," imbuhnya.


Opsi kedua yakni penanganan sampah dengan menggandeng para pegiat lingkungan seperti pelaku budidaya magot untuk penanggulangan sampah organik dan bank sampah untuk menangani sampah plastik.

"Opsi terakhir, kita sedang menganalisa untuk penyimpanan sementara sampah non-organik. Mungkin dengan tipikologi di Bandung Barat yang masih banyak tanah terbuka, mungkin yang organiknya bisa kita kubur, sedangkan yang non-organiknya bisa kita padatkan dan kita buang," tutur Ade.

Sementara opsi lainnya yakni pembuangan sampah ke TPA daerah tetangga seperti Subang atau Purwakarta masih menunggu keputusan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Jadi memang ada opsi-opsi itu. Besok kami dengan DLH akan mengerucutkan tahapan-tahapannya," tandasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/08/30/192348878/1600-ton-sampah-menumpuk-di-bandung-barat-muncul-opsi-buka-lagi-tpa-lembang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke