Salin Artikel

Kebakaran Bangkai Gerbong di Purwakarta, Perjalanan Kereta Dipastikan Tak Terganggu

Yanto, pimpinan proyek dari PT Barata yang memenangkan tender proyek pemotongan dan peleburuan besi gerbong kereta mengatakan, percikan api diduga berasal dari proses pemotongan yang menyambar sampah di area bawah tumpukan gerbong kereta.

"Jadi sebenernya ini titik ke tiga, kita pekerja ada empat, tukang potong enam helpernya lima, kejadian jam sekitar 11, kita pemotongan, ada percikan api turun ke bawah ke sampah," ujar Yanto di lokasi kebakaran, Kamis (31/08/2023).

Sejak 7 Agustus 2023, Yanto bersama 25 orang melakukan aktivitas pemotongan gerbong kereta bekas dengan cara dilas.

Yanto bersama rekannya mengaku telah berupaya memadamkan api dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan apar.

Namun karena aksesoris kereta ada beberapa ada bahan kimia, dalam lima menit api langsung membesar.

"Yang terbakar ada 9 gerbong," kata Yanto.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Enam unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan. Petugas pemadam kebakaran Pemkab Purwakarta berhasil memadamkan api sekitar satu jam.

Manager Humas Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono membenarkan adanya kebakaran di Pusat Kegudangan dan Logistik (PKLG) Purwakarta yang berada di samping Stasiun Purwakarta.

“Informasi dari lapangan, api mulai terlihat di sekitar PKLG pada pukul 11.10 WIB dan membakar 8 kereta bekas,” kata Mahendro melalui keterangan tertulis.


Meski ada insiden kebakaran, Mahendro memastikan perjalanan kereta api tetap lancar karena peristiwa kebakaran bukan terjadi di jalur operasional.

Mahendro mengatakan, pada pukul 12.15 WIB api sudah bisa dipadamkan.

Daop 2 Bandung mengapresiasi tim pemadam kebakaran yang telah berhasil memadamkan api dalam waktu yang relatif singkat. Sehingga api tidak merembet ke lingkungan stasiun.

“Daop 2 Bandung memohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Saat ini kami masih menyelidiki penyebab dari peristiwa kebakaran tersebut,” ujar Mahendro.

https://bandung.kompas.com/read/2023/08/31/150818978/kebakaran-bangkai-gerbong-di-purwakarta-perjalanan-kereta-dipastikan-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke