Salin Artikel

Air Sumur Jadi Biru, Warga Gunung Sindur: Sudah Bertahun-tahun Cium Bau Mirip Pertamax

BOGOR, KOMPAS.com - Air sumur warga di Kampung Nagrog, Desa Pengasinan, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berubah warna menjadi biru pekat.

Warga mengungkapkan bahwa air sumur mereka sudah mengeluarkan bau minyak menyengat selama bertahun-tahun.

"Sebenernya kalau saya, sudah dari tahun 2021 merasakan bau, air sumur bening tapi aromanya bau menyengat. Nah, kalau airnya berubah warna biru itu baru saja terjadi," ujar salah satu warga, Sumiati (53) didampingi suaminya, Ramin (66) kepada Kompas.com di rumahnya, Jumat (8/9/2023).

Sumiati mengatakan, air sumur warga di kampungnya tercemar bahan bakar minyak (BBM).

Sumur mereka adalah satu dari sekian sumur paling parah yang tercemar BBM tersebut.

Ia mengaku bahwa air sumur miliknya sudah mengeluarkan bau minyak menyengat lebih dari dua tahun yang lalu.

Bahkan, ada tetangganya yang lebih lama merasakan air bau yaitu selama tujuh tahun hingga saat ini.

"Yang awalnya cuma bau, sekarang berubah warna biru. Bau-nya sih kayak Pertamax," ujarnya.

Sumiati kemudian membuktikannya dengan menimba air sumur di belakang rumahnya. Permukaan air sumur sedalam sekitar 17 meter itu tertutup minyak.

Saat diambil, permukaan air ternyata benar mengandung minyak berwarna biru mirip BBM jenis Pertamax.

Air tersebut bahkan mengeluarkan bau menyengat. 

Adapun kondisi air sumurnya itu berubah warna biru pekat, baru diketahui pada Rabu (6/9/2023) pukul 23.00 WIB.

Malam Kamis itu, anaknya hendak buang air besar. Namun ketika membuka keran, kondisi air yang keluar malah berwarna keruh lalu berubah menjadi biru dan berbau minyak.

"Waktu itu anak lagi mau bebersih, habis buang air. Pas buka keran langsung warna biru. Ya langsung spontan semua sekeluarga keluar melihat, pas dicek, ternyata bener nyala, terbakar. Ya udah ini yang paling parah hari ini," ucap pasutri ini menjelaskan.

Senada, tetangga Sumiati, Irsyad (57) mengaku merasakan kejadian serupa. Ia mengungkapkan bahwa awalnya air sumurnya berbau dan tidak berwarna. Namun, Kamis malam itu air sumur berubah warna sehingga menghebohkan warga sekitar.

"Ketahuannya malam ya, kaget banget kok seperti ini sampai pas dijajal di motor hidup, setelah coba nyelupin kertas dan dibakar juga nyala. Ini sudah murni bahan bakar minyak (BBM) bukan lagi air," terangnya.

Adapun dirinya merasakan air sumurnya bau sudah sejak 7 tahun "Karena awalnya air masih jernih jadi reaksi masyarakat masih bisa digunakan untuk MCK, kecuali untuk minum ya ada rasa bau udah gak berani lagi. Nah, ketahuan airnya berubah warna itu udah biru sekali pas malem-malem," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/09/08/142430178/air-sumur-jadi-biru-warga-gunung-sindur-sudah-bertahun-tahun-cium-bau-mirip

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke