Salin Artikel

Polisi Minta Perusahaan Pemilik Pantau Kabel di Bandung, Jangan Sampai Menjuntai

Perintah ini disampaikan Kusworo usai adanya insiden kecelakaan yang diduga diakibatkan adanya kabel menjuntai. Kecelakaan yang terjadi pada Sabtu (9/9/2023) ini menewaskan satu orang warga. 

"Kami juga sudah perintahkan polsek agar saat patroli juga memonitor kabel-kabel yang berada di atas kendaraan seandainya itu sudah mulai terjuntai turun ke bawah agar segera laporan dan segera berkomunikasi dengan pihak terkait," katanya, ditemui di Mapolresta Bandung, Soreang, Minggu (10/9/2023).

Selain itu, Kusworo mengaku telah berkoordinasi dengan beberapa stakeholder agar tak ada kabel yang menganggu pengendara kendaraan di jalan raya.

Stakeholder itu, ia menyebutkan, seperti Perusaahan Listrik Negara (PLN) hingga perusahaan provider penyedia jasa internet. Perusahaan-perusahaan itu diminta berkomunikasi terkait kondisi kabel miliknya di lapangan.

Pihaknya meminta perusahaan pemilik agar mengontrol kondisi kabel yang sudah tidak layak atau sudah menjuntai.

Sebab, kata Kusworo, kabel fiber optik yang menjuntai tersebut banyak mengganggu pengendara, bahkan tak menutup kemungkinan mengakibatkan kecelakaan seperti yang terjadi pada Sabtu.

"Agar selalu kontrol terkait dengan kabel-kabel yang menjuntai turun ke bawah agar dirapikan jangan sampai ini bisa mengganggu kendaraan-kendaraan yang tinggi seperti truk atau kendaraan pengangkut yang memuat pengangkutan banyak yang bisa membuat kabel ini tersentuh atau tertarik dan ini menjadi semakin turun ke bawah," jelas Kusworo.

Tak hanya itu, pihaknya juga mendorong Pemerintah Kabupaten Bandung (Pemkab) agar segera membenahi Penerangan Jalan Umum (PJU) yang juga menjadi salah satu faktor kecelakaan, apabila kondisinya mati.

"Kami juga bersama berkomunikasi dengan pihak pemerintah daerah agar jalan yang jalan-jalan raya yang lampu penerangannya mati agar segera diperbaiki agar menghindarkan daripada kecelakaan lalu lintas," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/09/10/125358278/polisi-minta-perusahaan-pemilik-pantau-kabel-di-bandung-jangan-sampai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke