Salin Artikel

Pantau Gudang Bulog di Bogor, Jokowi Pastikan Stok Beras Aman dan Bakal Bertambah

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi menyusul harga beras di pasaran tengah naik.

"Semua negara sedang mengalami kekeringan El Nino termasuk Indonesia, meskipun hanya beberapa provinsi, ada 7 provinsi di kita. Oleh sebab itu, saya datang ke gudang-gudang Bulog di sini, nanti di Jakarta, mungkin nanti di daerah, untuk memastikan bahwa stoknya itu ada, barangnya ada, berasnya ada," ujar Jokowi saat meninjau Gudang Bulog di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (11/9/2023).

Saat ini, cadangan beras pemerintah (CBP) ada 1,6 juta ton di dalam gudang-gudang Bulog. Pemerintah pun membuka keran impor untuk mengatasi kegagalan panen akibat kekeringan yang dihadapi sebagian wilayah Indonesia.

Kini, sebanyak 400 ribu ton sedang dalam proses impor dari negara lain menuju Indonesia.

Sehingga, sambung dia, jumlah beras akan bertambah 400.000 on menjadi 2 juta ton stok beras.

"Yang di dalam gudang 1,6 juta, dalam perjalanan 400.000 ton, sehingga akan ada stok 2 juta (ton). Biasanya stok kita hanya 1,2 juta, normal 1,2 juta. Ini kita memiliki 2 juta. Sehingga kita tidak usah khawatir," ungkapnya.

Karena itu, pemerintah akan terus menjamin ketersediaan beras tersebut supaya stabilitas harga di pasaran aman. Ia juga sudah memerintahkan untuk memberi bantuan pangan beras kepada masyarakat sejak 1 September 2023.

"Setiap bulan kira-kira 210 ribu ton dikeluarkan oleh Bulog untuk bantuan pangan itu, dan ini sudah dimulai terus September, Oktober, November," ujarnya.


Ia meminta agar daya beli masyarakat tetap dijaga dengan penyaluran beras tersebut. Ia pun mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir lagi meskipun kenyataan di lapangan ada kenaikan.

"Stoknya kita lihat, nanti diteruskan lagi. sehingga masyarakat jangan sampai terdampak dari kenaikan harga beras. memang di lapangan ada kenaikan, meskipun inflasi kita masih terjaga di 3,2 persen," bebernya.

Sementara itu, seorang warga yang datang saat pembagian bantuan beras mengakui bahwa harga beras sedang mahal.

Perempuan bernama Selfi (27) ini menyebutkan harga beras berada di kisaran Rp 13.000.

Menurutnya, harga beras tersebut berdampak pada usaha warung makannya yakni, harga makan jadi ikut naik.

"Di saat beras lagi mahal, bantuan dari pak Jokowi ini jadi sangat membantu sih," singkatnya saat ditemui di lokasi.

https://bandung.kompas.com/read/2023/09/11/132154878/pantau-gudang-bulog-di-bogor-jokowi-pastikan-stok-beras-aman-dan-bakal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke