Salin Artikel

Jokowi soal Pabrik Baterai Mobil Listrik: Terbesar dan Pertama Se-Asia Tenggara

KARAWANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke pabrik PT PHI Green Power, Karawang, Jawa Barat, Kamis (14/9/2023). Jokowi berharap Indonesia masuk global supply chain pasar mobil listrik. 

Jokowi menjelaskan, PT HLI Green Power akan memulai produksi 30 juta baterai cell untuk mobil listrik pada awal 2024. Jumlah tersebut bisa untuk produksi lebih kurang 180.000 mobil listrik. 

"Itu terbesar di Asia Tenggara dan pertama di Asia Tenggara. Yang kedua CATL, setelah CATL, ada lagi yang ketiga yang keempat," kata Jokowi kepada awak media di Gudang Bulog, Purwasari, Karawang. 

Hal itu, sambung Jokowi, yang dimaksud membangun ekosistem besar electric vehicle (EV) dan baterai EV, serta pada akhirnya membangun ekosistem besar kendaraan listrik. 

"Sehingga kita bisa masuk global suppy chain, rantai pasok global bisa kita masuki. Di situlah nantinya ketergantungan negara lain terhadap baterai cell kita, ketergantungan negara lain terhadap EV baterai kita," kata Jokowi.

https://bandung.kompas.com/read/2023/09/14/185852578/jokowi-soal-pabrik-baterai-mobil-listrik-terbesar-dan-pertama-se-asia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke