Salin Artikel

Harga Beras di Cianjur Terus Naik, Sudah Sentuh Harga Rp 14.000 Per Kg

Saat ini, harganya sudah menyentuh di Rp 14.000 per kilogram.

“Itu untuk beras jenis premium. Kalau medium harganya Rp 13.000 per kg. Kenaikannya kisaran Rp 2.000 hingga Rp 3.000," kata Kepala UPTD Pasar Cipanas Cianjur Widya Pratiwi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (17/9/2023).

Kendati ada kenaikan, menurut Widya, tidak sampai berpengaruh ke tingkat daya beli, mengingat beras merupakan kebutuhan paling pokok masyarakat.

"Persediaan juga masih aman, paling hanya 10 persen penyusutannya. Pedagang mengurangi permintaan pasokan dari suplier karena ada kenaikan harga ini," ujar dia.

Disebutkan, kenaikan harga beras dipengaruhi banyak faktor, salah satunya kemarau panjang yang berdampak terhadap penurunan hasil produksi gabah.

"Kenaikan ini juga kan tak hanya terjadi di sini saja, namun merata di daerah-daerah yang lain juga," kata Widya.

Pihaknya telah mengomunikasikan kondisi ini ke dinas terkait guna mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya menstabilkan harga.

Sejauh ini, terang Widya, belum dipandang perlu menggelar operasi pasar.

"Saat ini masih pendataan soal ketersediaannya berapa. Setelah itu akan ada langkah lebih lanjut lagi dari dinas," ujar dia.


Widya berharap, harga beras tak terus-terusan naik, dan ada penetrasi dari pihak Bulog ke pasar supaya bisa menekan harga sehingga keterjangkauan dan ketersediaan komoditas selalu ada.

"Kita juga mendengar Kemendag akan segera impor beras, ya. Mudah-mudahan saja bisa menstabilkan harga," ujar Widya.

Terpisah, Hayi (53) seorang pedagang beras di Cianjur menyebutkan, saat ini menjual beras medium di kisaran Rp 12.500 per kilogram, dan kelas premium Rp 14.000 per kilogram.

“Biasanya jual Rp 10.000 dan Rp 12.000. Pasokannya juga tersendat. Biasa dapat 2 ton, paling sekarang setengahnya saja,” kata pedagang Pasar Induk Cianjur ini.

Ia mengaku daya beli sedikit menurun karena masyarakat lebih memilih belanja langsung ke pabrik.

"Harganya kan di sana lebih murah ketimbang di sini (pasar),” kata dia.

https://bandung.kompas.com/read/2023/09/18/114003578/harga-beras-di-cianjur-terus-naik-sudah-sentuh-harga-rp-14000-per-kg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke