Salin Artikel

500 Kg Sampah Diturunkan dari Gunung Gede Pangrango, Ada Botol Plastik Berusia 31 Tahun

Giat yang berlangsung selama tiga hari sejak Sabtu (16/9/2023) ini berhasil mengumpulkan setengah ton atau 500 kilogram sampah.

Dari sampah-sampah anorganik yang diturunkan dari kawasan konservasi tersebut, beberapa di antaranya sudah berusia puluhan tahun.

“Salah satunya bekas botol air mineral ini, di labelnya tertulis Visit Asean Year 1992. Ini merupakan sampah purba,” kata pelaksana kegiatan, Imam Sukamto saat ditemui Kompas.com di Pos Cibodas, Cianjur, Selasa (19/9/2023) petang.

Disebutkan, sampah plastik yang sudah berumur 31 tahun itu ditemukan terkubur di area kemah Kandang Batu.

Tak hanya itu, sampah-sampah plastik tahun 1993 dan 1994 juga ditemukan di sepanjang jalur pendakian.

Menurut Imam, dengan temuan sampah ini semakin menegaskan plastik sulit terurai sehingga keberadaannya sangat merusak lingkungan dan ekosistem yang ada.

“Bisa mengganggu pola makan hewan, dan serapan air ke tanah akan terhambat,” kata Imam yang menjabat sebagai Ketua Trashbag Community ini.

Pihaknya menambahkan, kegiatan Bersih Gunung 2023 masih akan berlanjut di bulan berikutnya dengan lokasi kegiatan di tujuh gunung di Indonesia.

“Ini bagian dari upaya kami menjaga kelestarian alam. Gunung bukan tempat sampah, pendaki harus bertanggungjawab atas sampah yang dibawanya,” ujar Imam.


Asisten Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenko PMK, Budi Prasetyo menerangkan, Bersih Gunung bertajuk “Aksi Nyata Revolusi Mental” ini merupakan kegiatan kolaborasi berbagai pihak dengan menggandeng mahasiswa dan kelompok-kelompok pecita alam

Hasil dari kegiatan ini terkumpul setengah ton sampah dari dua jalur pendakian, yakni Pos Gunung Putri dan Cibodas.

“Peserta sebanyak 250 orang kita bagi menjadi 3 tim untuk operasi bersih di sepanjang jalur pendakian,” kata Budi saat menutup kegiatan di Balai Besar TNGGP, Cibodas, Cianjur, Selasa petang.

Disebutkan, hasil dari aksi ini terkumpul 483 kilogram sampah dengan rincian sebanyak 220 kilogram dari jalur pendakian Gunung Putri, dan sebanyak 202 kilogram diperoleh dari area camp Kandang Badak.

“Untuk yang penyisiran di area Telaga Biru dan air terjun Cibeureum dapat 61 kilogram sampah,” ujar dia.

Budi mengapresiasi kegiatan ini karena dapat memberikan dampak luar biasa bagi kelestarian alam dan lingkungan.

https://bandung.kompas.com/read/2023/09/20/114159578/500-kg-sampah-diturunkan-dari-gunung-gede-pangrango-ada-botol-plastik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke