Salin Artikel

Kerap Banjir, Jembatan Cikeruh Kabupaten Bandung Diperbaiki, Arus Lalu Lintas Dialihkan

BANDUNG, KOMPAS.com -Pemerintah Kabupaten Bandung tengah memperbaiki Jembatan Cikeruh yang berada di Kampung Sapan, Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Jembatan tersebut merupakan jembatan yang menghubungkan wilayah Kecamatan Bojongsoang, Kecamatan Solokanjeruk hingga Kecamatan Majalaya.

Perbaikan jembatan dilakukan karena jarak antara jembatan dengan sungai Cikeruh yang merupakan anak sungai Citarum terlalu pendek.

Sehingga, setiap kali volume air sungai tinggi, tumpukan sampah kerap menyumbat di bawah kolong jembatan Cikeruh dan menyebabkan air sungai Cikeruh meluap dan membanjiri pemukiman warga di Kampung Sapan.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, renovasi jembatan Cikeruh sudah diinginkan warga sejak lama.

Jembatan yang menghubungkan tiga Kecamatan itu, kata Dadang merupakan jalan milik Provinsi Jawa Barat.

Namun, beberapa tahun berlalu, jembatan tersebut tidak diperbaiki. Akhirnya, pihak Pemkab menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bandung untuk memperbaiki jembatan tersebut.

"Tapi karena beberapa tahun ini, tidak dilakukan perbaikan, akhirnya menggunakan dana APBD kami (Kabupaten Bandung)," katanya ditemui di Soreang, Jumat (22/9/2023).

Dadang menjelaskan, saat ini pembangunan tahap pertama renovasi jembatan tersebut sudah dilakukan. Bahkan, Ground breaking jembatan Cikeruh telah dilakukan beberapa hari yang lalu.

"Tahap pertama kita sosialisasi karena sementara jalan diputus dulu, terutama terminal angkot yang biasanya di Jalan Cagak (Tegalluar) ini pindah ke Cikeruh," ujarnya.

Dadang menargetkan renovasi jembatan Cikeruh bisa selesai dua atau tiga bulan ke depan.

"Jembatan sementara untuk kendaraan roda dua itu ada (di dekat jembatan tersebut), tapi untuk roda empat memutar ke jalan yang dekat (Stasiun) KCIC," katanya.

Terhitung mulai 22 September hingga 30 Desember kendaraan dari arah Majalaya menuju Darwati Kota Bandung maupun sebaliknya harus menggunakan jalur alternatif lain.

"Ya, karena ada pembangunan ini jalan jadi terputus sementara waktu harus dialihkan," katanya.

Pantauan di lapangan, banner besar bertuliskan pemberitahuan tentang perbaikan Jembatan Cikeruh tersebar di beberapa titik.

Para pengguna jalan tersebut, diharapkan menggunakan jalan lain seperti Rancaekek atau jalan raya Bojongsoang.

Bagi masyarakat yang biasa menggunakan angkutan umum AKDP Trayek Majalaya - Gedebage maupun Trayek Ciparay - Buahbatu, layanan angkutan umum tetap ada. Namun layanan akan dibagi menjadi 2 setelah jembatan.

https://bandung.kompas.com/read/2023/09/22/210040478/kerap-banjir-jembatan-cikeruh-kabupaten-bandung-diperbaiki-arus-lalu-lintas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke