Salin Artikel

Demo Sampah, Mahasiswa Merangsek ke Halaman Gedung Sate Bandung

BANDUNG, KOMPAS.com - Mahasiswa yang melakukan aksi unjuk rasa mulai merangsek masuk area halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (29/9/2023) sekitar pukul 19.02 WIB.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lapangan, massa mulai bergerak memaksa masuk ke area Gedung Sate sekitar pukul 17.50 WIB. Mereka melepas kawat berduri dan water barrier yang berada di depan gerbang Gedung Sate.

Massa juga sempat membakar spanduk dan water barrier. Tak hanya itu, mereka melemparkan botol berisi cairan, flare, hingga petasan ke area halaman Gedung Sate.

Aksi mahasiswa semakin memanas sekitar pukul 18.30 WIB. Mereka berorasi meminta petugas mempersilakan masuk ke area dalam Gedung Sate. Massa pun berusaha merobohkan pagar gerbang, hingga akhirnya berhasil masuk.

Massa yang berhasil merangsek masuk sempat diadang petugas gabungan dari unsur TNI-Polri. Mereka terus berorasi dan meminta bertemu dengan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin.

"Datangkan Pj Gubernur sekarang. Kami meminta bertemu dengan Pj Gubernur," ujar salah satu mahasiswa menggunakan pengeras suara, Jumat (29/9/2023).

Selain itu, massa meminta aparat gabungan tidak melakukan kekerasan dalam aksi ini. Pasalnya, mahasiswa datang hanya untuk menyampaikan tuntutannya.

"Kita juga gak mau bentrok dengan bapak-bapak (aparat gabungan) semua. Kita juga tidak mau diadu-dombakan dengan bapak-bapak," tambahnya.

Hingga pukul 19.28 WIB, massa masih bertahan duduk di area halaman Gedung Sate. Mereka keukeuh ingin bertemu dengan Bey Machmudin untuk menyampaikan persoalan Dago Elos.

"Pak Bey Machmudin ayo sini keluar ngobrol sama kami. Gak kurang gak lebih pak, kami pingin ngobrol saja," ucap mahasiswa.

Berita sebelumnya, mahasiswa ini berunjuk rasa menuntut penyelesaian persoalan sampah. Mereka menilai persoalan sampah hingga kini belum terselesaikan. 

https://bandung.kompas.com/read/2023/09/29/204911578/demo-sampah-mahasiswa-merangsek-ke-halaman-gedung-sate-bandung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke