Salin Artikel

Tak Didampingi Cak Imin, Anies Hadiri Apel Akbar Desa Jawa Barat di Jalak Harupat Bandung

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon Presiden (Capres) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan kembali mendatangi Stadion Si Jalak Harupat (SJH) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Minggu (1/10/2023).

Anies menghadiri kegiatan Apel Akbar Desa Bersatu Jawa Barat. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut disambut ribuan pendukungnya baik relawan, kader PKS, PKB hingga Nasdem.

Anies Baswedan datang pukul 08.10 WIB. Dalam lawatannya itu, Anies tidak ditemani Calon Wakil Presiden (Cawapres) pasangannya, Muhaimin Iskandar atau karib di sapa Cak Imin.

Usai disambut, ia langsung menuju panggung utama untuk menyampaikan orasi politiknya.

Di hadapan pendukungnya, Anies menyampaikan visi-misi terkait kemajuan desa apabila pasangan AMIN terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024 mendatang.

"Kita ingin para Kepala Desa bisa leluasa menggunakan dana desa untuk kepentingan desa," katanya.

Menurutnya, desa mesti menjadi perhatian serta prioritas utama. Pasalnya, kata dia, hampir semua kekuatan pangan berasal dari desa.

Mulai dari beras, rempah-rempah hingga buah-buahan merupakan produk dari Desa.

"Hari ini di SJH sama dengan teman-teman dari desa berkumpul warga desa, para aktivis yang mengurusi desa dan mengirimkan pesan pada semua bahwa salah satu  yang akan menjadi perhatian utama dan prioritas pembangunan adalah desa," ujarnya.

Tak hanya menjanjikan kenaikan anggaran desa menjadi Rp 5 miliar, Anies mengungkapkan pentingnya kajian tentang pembangunan Desa yang lebih komprehensif.

Perkembangan desa yang lebih maju, kata dia, mesti menjadi skala utama lantaran akan bersentuhan langsung dengan kesejahteraan instrumen yang ada di dalamnya.

"Kenapa desa harus maju, agar petani bisa lebih sejahtera, peternak lebih sejahtera dan ini sebuah usaha dalam gerak perubahan," beber dia.

Apa yang dilakukan masyarakat desa saat ini, perlu diapresiasi lantaran hal ini menjadi sebuah awal yang baik untuk kemajuan desa melalui Pemilu Presiden.

"Teman-teman dari desa bersatu seperti saat ini di Stadion Jalak Harupat. Kami bersyukur semua unsur hadir, dari Nasdem, PKB, PKS, Partai Umat semuanya hadir untuk mendukung sama-sama program perubahan desa. Desa bersatu adalah sebuah asosiasi yang menggalang atas nama desa, kami apresiasi sekali, Insya Allah ini adalah awalan yang baik untuk kita meraih perubahan di desa-desa lewat Pilpres," ujar dia.

Anies hanya memberikan orasi politik selama 72 menit. Anies meninggalkan SJH pukul 09.22 WIB, ia dijadwalkan akan bertolak ke Jawa Timur, yakni Surabaya, dan Rembang Jawa Tengah.

https://bandung.kompas.com/read/2023/10/01/123823878/tak-didampingi-cak-imin-anies-hadiri-apel-akbar-desa-jawa-barat-di-jalak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke