Salin Artikel

Sosok Rauf, Bocah 13 Tahun di Subang yang Tewas Dianiaya Ibunya, Orangtua Cerai dan Tidak Sekolah

Ia ditemukan tewas Kali Bugis, Kecamatan Anjatan, Kabupaten Indramayu dalam kondisi tangan terikat di belakang dengan luka di kepala.

Belakangan terungkap Rauf tewas dibunuh ibu kandungnya, Nurhani (40). Sementara itu, Nurhani telah bercerai dengan ayah kandung Rauf, Dirno (52).

Nurhani yang gelap mata nekat membunuh Rauf karena sang anak ingin memiliki ponsel. Nurhani juga menyebut Rauf beberapa kali mengambil ponsel miliknya, walau pun telah dikembalikan.

Rauf disiksa dan dipukuli oleh ibunya sebelum diseret dari rumah melewati kebun hingga dibuang di sungai di sekitaran Indramayu.

Kepala Dusun Parigi 2, Karnoto mengatakan pihaknya dan warga mengetahui korban tewas dari media sosial.

"Yang saya tahu kemarin ramai-ramai itu dari media sosial Facebook aja. Terus saya lihat dan cocokkan dengan pakaian dari Rauf sama bentuk tubuhnya ternyata benar itu Rauf warga Dusun Parigi 2," ujar Karnoto, saat ditemui di TKP, Kamis (5/10/2023).

Ia mengatakan korban berulang kali membuat masalah di kampungnya karena kerap mengambil barang-barang milik warga.

"Maaf-maaf kalau keseharian si korban memang anak ini memiliki kebiasaan yang buruk," kata dia.

"Artinya gini, dia suka mengambil barang-barang orang lain, karena saya kepala dusunnya ya jadi tahu sering mendengar itu. Rauf (korban) ini memang mempunyai kebiasaan buruk itu," tambah dia.

Selain itu Karnoto mengaku kerap mendapat laporan dari warga yang sering mendengar keributan dari rumah korban.

Dari keterangan Karnoto, korban tinggal bersama dengan ibu kandung, adik tiri, kakek serta paman.

"Anaknya kecil umur 13 tahun di aktenya itu saya lihat lahir tahun 2010, tapi sikap dia kesehariannya menyerupai orang dewasa lah," kata dia.

"Nah kalau ribut-ribut itu barusan saya ngobrol sama tetangganya yang terdekat udah nggak aneh gitu denger-denger keributan, kalau dengar tangisan sudah nggak aneh karena sering sekali di rumah TKP tersebut," ungkapnya.

Sementara itu pada Kamis (5/10/2023) sore, sejumlah polisi dan masih melakukan olah TKP untuk mengetahui penyebab kematian korban.

Selain itu, petugas juga memasang garis polisi di kediaman korban.

Tak sekolah

Sementara itu ayah kandung Rauf, Dirno tak menyangka anaknya tewas dianiaya ibu kandungnya sendiri.

Menurut Dirno, sejak berpisah dengan Nurhani, ia sangat jarang bertemu dengan anaknya, Rauf. Karena itu, ia tak tahu yang terjadi selama ini antara Rauf dan ibunya.

"Kami sudah jarang bertemu," ujar Dirno di lokasi pemakaman Rauf di Desa Parigimulya, Subang, Kamis (5/10/2023 ).

Dirno mengaku terakhir kali bertemu Rauf setahun lalu dan sepengetahuannya, Rauf tak lagi melanjutkan pendidikannya setelah lulus SD.

"Sebelumnya kalau ketemu, dia hanya meminta uang, lalu pergi lagi," katanya.

"Saya sudah setahun lebih tak komunikasi dan belum pernah ketemu lagi sama anaknya, karena dia tinggal sama ibunya setelah ibunya cerai dengan saya," tambah Dirno.

Dirno pun meminta pihak kepolisian mengusut tuntas kasus kematian anaknya.

Sementara itu polisi sudah mengamankan empat orang yang diduga kuat terkait dengan kasus pembunuhan Rauf.

Selain mengamankan ibu, kakek, dan paman Rauf, polisi juga menangkap pemilik sepeda motor yang digunakan adik Nurhani membuang tubuh Rauf.

Diberitakan sebelumnya, Nurhani tega menganiaya anaknya hingga tewas di rumah orangtuanya yang juga kakek Raif.

Nurhani mengaku tak kuasa menahan emosi lantaran Rauf meminta ponsel kepadanya.

"Rauf saya sumpal mulutnya dengan boneka kecil milik adiknya, kemudian tangan Rauf diikat, kepalanya dibenturkan ke dinding dan kusen, lalu dipukul kepalanya menggunakan tongkat kayu, pipa paralon, dan bambu pagar," kata Nurhani.

Lalu ia menyeret tubuh Rauf menyusuri kebun dan membuang korban yang masih hidup di sungai di wilayah Indramayu dibantu oleh sang adik.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul SOSOK Rauf Korban Ibu Bunuh Anak di Subang, kata Pak Kadus Umur 13 Tahun tapi Kelakuan Sudah Dewasa

https://bandung.kompas.com/read/2023/10/06/134300078/sosok-rauf-bocah-13-tahun-di-subang-yang-tewas-dianiaya-ibunya-orangtua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke