Salin Artikel

Ganjar Pranowo Bocorkan 2 Kriteria Sosok Cawapresnya

BANDUNG, KOMPAS.com - Ganjar Pranowo membocorkan kriteria sosok yang laik mendampinginya pada Pilpres 2024.

Hal ini diungkapkannya saat mengisi kuliah umum di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/10/2023).

Bocoran ini diungkapkan Ganjar pada saat sesi diskusi menjawab pertanyaan dari tenaga akademisi UNPAR, Pius Sugeng Prasetyo soal kriteria bacawapresnya untuk Pilpres 2024.

"Cawapres harus satu visi satu misi dengan saya, semuanya membawa isu anti korupsi karena ini soal integritas," ujar Ganjar.

Selain itu, sosok tersebut juga harus siap melayani rakyat dengan setulus hati.

"Kedua siap melayani masyarakat dengan tiga hal, (yakni) mudah, murah, cepat," katanya.

Meski sudah disebutkan kriterianya, Ganjar masih tutup mulut sosok yang akan menjadi bacawapresnya nanti. Dia juga meminta semua pihak untuk sabar menunggu.

"Tunggu aja," ungkapnya.

Pada kuliah umum ini, Ganjar membahas soal peran pemuda yang sangat penting dalam membangun bangsa dan negara Indonesia. Bisa melalui jalur politik yakni masuk ke dalam partai politik dan berupaya merubah regulasi.

Selain itu, pemuda juga bisa bergerak di luar jalur politik dengan berbagai keahlian yang dimilikinya. Namun tujuannya sama, yakni untuk membangun negara ini agar bisa lebih baik lagi.

"Ada banyak cara untuk membangun dan berkontribusi, orang-orang yang pernah masuk ke dalam partai politik dan sampai saat ini masih, dan kemudian ada meritokrasi disana, maka itu menjadi salah satu pilihan," katanya

"Tapi, banyak sekali sosio preneur yang muncul sebagai aktivis mereka di Ormas, di LSM juga bisa berkontribusi. Tapi semuanya tidak diam semua beraktivitas, semuanya terlibat berbicara memecahkan persoalan-persoalan," pungkas dia.

https://bandung.kompas.com/read/2023/10/11/152523878/ganjar-pranowo-bocorkan-2-kriteria-sosok-cawapresnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke