Salin Artikel

Kapolsek Gagalkan Percobaan Bunuh Diri di Rel Kereta Cepat, Sempat Ngobrol 1 Jam

Pria tersebut hendak melompat dari lintasan rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) alias Kereta Whoosh yang berada di atas ruas Jalan Raya Padalarang - Purwakarta.

Aksi percobaan bunuh diri pria berkaus merah itu terekam kamera amatir warga dan viral menjadi perbincangan publik di media sosial.

Laporan mengenai aksi nekat pria tersebut direspons oleh jajaran Kepolisian Sektor Padalarang, Pemadam Kebakaran (Damkar) Bandung Barat, dan unsur TNI.

Kapolsek Padalarang Kompol Darwan turun langsung menghampiri pria yang sudah siap melompat.

"Betul ada percobaan bunuh diri tadi siang. Namun sudah berhasil digagalkan sama Polsek Padalarang," ungkap Kapolsek Padalarang, Kompol Darwan saat dihubungi, Senin (23/10/2023).

Pria berkaus merah itu nekat memanjat dinding penghalau kebisingan di KM 103 lintasan rel kereta cepat.

Setelah berada di ketinggian, pria itu berjalan dan bersiap untuk melompat tepat di atas ruas jalan raya.

"Setibanya di lokasi, langsung saya datangi. Tadi saya ke atas, di atas saya bujuk. Saya ingatkan kemudian saya tanya masalahnya apa, apa kebutuhannya, sok ngomong sama Kapolsek nanti dibantu," kata Darwan.


Komunikasi antara polisi dan pria di atas ketinggian itu cukup alot.

Pria yang belum dikenali identitasnya tersebut belum juga mau menyingkir dari lintasan kereta yang memiliki tinggi kurang lebih 40 meter.

"Kita bujuk dengan segala macam cara. Selama membujuk kurang lebih 1 jam akhirnya (orang tersebut) berhasil diselamatkan," ujar Darwan.

Darwan menduga, aksi percobaan bunuh diri itu dilatarbelakangi oleh gangguan mental yang dialami pria tersebut.

Dugaan itu ditandai dengan sulitnya komunikasi saat proses membujuk selama 1 jam di atas ketinggian.

Sampai saat ini polisi belum mengungkap identitas pria itu dan motif atas aksi percobaan bunuh diri tersebut.

"Dia stres kayanya. Posisinya sudah berada mau loncat, kemudian saat diajak ngobrol dia lama responsnya. Jawabnya cuma 'saya mau lompat aja', begitu," sebut Darwan.

Setelah berhasil dievakuasi, pria tersebut langsung diamankan polisi untuk diidentifikasi lebih lanjut dan didalami apa motif percobaan bunuh diri yang ia lakukan.

"Kejadiannya sekitar jam 11 siang. Dia naik dari sebelah barat situ, terus merangkak ke tengah jembatan (di bawahnya jalan raya). Jadi dia merangkaknya di atas pagar peredam suara," ujar Ade (36) warga setempat saat ditemui di lokasi kejadian.

Aksi percobaan bunuh diri itu sontak menyita puluhan warga untuk berkumpul dan menyaksikan detik-detik menegangkan.

Beberapa kali pria berkaus merah itu sempat hendak melompat namun ragu-ragu.

"Lumayan lama, jadi dia sempat gelantungan, tapi naik lagi. Sempat berdiri di atas pagar terus turun lagi. Seperti mau bunuh diri, tapi juga kayak yang takut mau lompatnya," sebut Ade.

https://bandung.kompas.com/read/2023/10/23/173417378/kapolsek-gagalkan-percobaan-bunuh-diri-di-rel-kereta-cepat-sempat-ngobrol-1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke