Salin Artikel

Capres-Cawapres yang ke Kabupaten Bandung Bakal Dikawal Sat Pam Obvit

Satuan tersebut nantinya difungsikan untuk mengamankan objek vital yang berada di wilayah Jawa Barat.

Khusus untuk di wilayah Kabupaten Bandung, Sat Pam Obvit Polresta Bandung, akan bertugas di beberapa kawasan yang berhubungan dengan objek vital nasional dan objek vital daerah seperti lokasi wisata.

Tak hanya itu, Sat Pam Obvit juga akan difungsikan sebagai pengamanan saat kunjungan Capres dan Cawapres yang ikut ber-kontestasi pada Pilpres 2024 mendatang.

Direktorat Pengamanan Objek Vital (Dir Pam Obvit) Polda Jawa Barat Kombes Pol M Hidayat mengatakan, Sat Pam Obvit di masing-masing Polres atau Polresta wajib menurunkan Sat Pam Obvit saat Capres dan Cawapres berkunjung ke wilayah hukumnya.

"Nah, dalam Obvit itu ada yang namanya Subdit VIP, di bawahnya ada pengamanan VIP, itu di bawah Mabes Polri dan Kabarhakam. Nanti akan ditentukan bahwa pengamanan Capres dan Cawapres ini adalah menjadi tanggungjawab dari Pam Obvit sebagai satgas di pusat," katanya dijumpai di Mapolresta Bandung.

Apabila salah satu pasangan Capres dan Cawapres berkunjung ke Kabupaten Bandung, Kepala Biro Operasi (Karo Ops) atau Kapolres akan berkoordinasi dengan Kepala Satuan (Kasat) yang dijabat dengan Pangkat Komisaris Polisi (Kompol) agar menurunkan Sat Pam Obvit.

"Setelah jalur koordinasi terbentuk, barulah Sat Pam Obvit diterjunkan untuk melaksanakan penilaian resiko pada saat sebelum Capres dan Cawapres datang ke lokasi," ujarnya.

Tujuan diterjunkannya Sat Pam Obvit, kata dia, untuk memastikan kunjungan pasangan Capres dan Cawapres aman, serta mewujudkan pengamanan Pemilu yang damai.

"Tujuannya supaya aman dan Pemilu nanti berjalan aman juga," ungkapnya.

Sementara Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan, Kabupaten Bandung memiliki 5 objek vital nasional diantaranya, PLN, Geotermal, Kereta Cepat Indonesia - China (KCIC) dan lokasi wisata lainnya.

"33 Perbankan, kemudian ada 27 tempat wisata, baik itu di Ciwidey, di Pangalengan, Dago, Cimenyan dan juga berbagai macam tempat wisata lainnya," ungkap Kusworo saat ditemui di lokasi yang sama.

Kusworo membenarkan Sat Pam Obvit juga akan diturunkan ketika ada kunjungan salah satu pasangan Capres dan Cawapres.

"Tentunya bagi pejabat VVIP yang akan hadir tentunya ini menjadi ranahnya Sat Pam Obvit untuk memberikan pengamanan," terang dia.

Tak hanya itu, dalam waktu dekat Sat Pam Obvit akan diturunkan untuk mengamankan gelaran Piala Dunia U-17 di Stadion Si Jalak Harupat.

"Saat ini bulan oktober 2023 kita akan menyambut piala dunia U-17 di jalak harupat tanggal 10 sampai 21 November 2023. Dimana unit Sat Pam Obvit adalah yang nantinya akan melaksanakan restasesmen. Kemudian penempatan personil dan juga sarana prasarana yang dibutuhkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada pengunjung yang akan hadir," tutur dia.

https://bandung.kompas.com/read/2023/10/27/112523678/capres-cawapres-yang-ke-kabupaten-bandung-bakal-dikawal-sat-pam-obvit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke