Salin Artikel

Bus Terbakar di Subang, Penumpang dan Sopir Berhasil Selamatkan Diri

KOMPAS.com - Sebuah bus pariwisata terbakar di depan SPBU Tambakmekar, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (28/10/2023).

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 10.10 WIB ini tidak menimbulkan korban jiwa, penumpang dan sopir berhasil menyelamatkan diri.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Kepolisian Resor (Polres) Subang AKP Undang Syarif Hidayatullah mengatakan, api yang melahap bus diduga terjadi dari percikan dari aki bus.

Sebelum terbakar, temperatur mesin bus tinggi setelah melewati tanjakan.

Adanya suhu yang tak normal itu diketahui oleh sopir. Ia langsung meminggirkan bus dan menyelamatkan para penumpang.

"Kronologinya, kendaraan tersebut waktu melintas di jalan tanjakan, terlihat ampere-nya naik. Sopir lalu mencari lahan yang lebih luas untuk cek mesin, rupanya ada percikan api dari accu," ujarnya, Sabtu, dikutip dari Tribunnews.

Akan tetapi, api tak bisa padam dan malah membesar, sehingga melahap semua bagian bus.

Menurut Undang, terdapat 34 penumpang dalam bus pariwisata tersebut. Saat peristiwa terjadi, bus asal Jakarta itu hendak menuju daerah Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jabar.

Para penumpang dan kru bus berhasil menyelamatkan diri sewaktu api masih kecil.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bus Pariwisata Terbakar di Subang: Temperatur Mesin Tinggi saat Libas Tanjakan Cijambe

https://bandung.kompas.com/read/2023/10/29/205218878/bus-terbakar-di-subang-penumpang-dan-sopir-berhasil-selamatkan-diri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke