Salin Artikel

Jokowi Resmikan PLTS Terapung Waduk Cirata, Terbesar Ketiga di Dunia

Pembangkit listrik energi matahari itu merupakan terbesar di Asia Tenggara dan paling besar ketiga di dunia.

"Hari ini merupakan hari yang bersejarah karena mimpi besar kita untuk bangun pembangkit energi baru dan terbarukan bsia terlaksana. Kita berhasil bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya terapung yang terbesar di Asia tenggara dan nomor tiga di dunia," kata Jokowi saat meresmikan PLTS terapung di Waduk Cirata, Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (9/11/2023). 

Pembangkit ini disebut punya kapasitas 192 mega Watt peak. Nantinya, kata Jokowi, PLTS  di Waduk Cirata kapasitasnya bisa dimaksimalkan sampai 1.000 mega Watt peak.

Dalam sambutan saat meresmikan PLTS itu, Jokowi menyatakan ingin memanfaatkan seluruh energi terbarukan di Indonesia. 

Apalagi, hambatan pemanfaat energi hijau dengan teknologi yang ada saat ini sudah teratasi. 

"Misalnya di pembangkit surya ini juga ada pembangkit angin. Dalam prosesnya ada tantangan cuaca memang, tapi bisa kita atasi dengan smart grid, meski cuaca yang berubah ubah tapi listriknya stabil," sebut Jokowi.

Pembangunan PLTS Terapung Waduk Cirata ini merupakan hasil kolaborasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Badan Usaha Milik Negera, Perusahaan Listrik Negara, serta Pemerintah Uni Emirat Arab.

https://bandung.kompas.com/read/2023/11/09/103016178/jokowi-resmikan-plts-terapung-waduk-cirata-terbesar-ketiga-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke