Salin Artikel

Dinkes Cirebon Ungkap Gejala dan Kondisi Warga yang Positif Cacar Monyet

KOMPAS.com - Salah satu warga Cirebon, Jawa Barat, berinisial H (54) positif menderita cacar monyet atau monkey pox.

Menurut penelusuran Tim Surveilans Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, hasil investigasi awal warga berinsial H dinyatakan probable Cacar Monyet lantaran adanya penemuan klinis.

Beberapa di antaranya adalah, pasien mengalami demam dan ruam pada 23 Oktober 2023.

Lalu pada pasien terdapat lesi berjumlah 101-250 tersebar di seluruh tubuh, dan dalam kondisi berkembang dengan tipe lesi papula, macula, vesicel, pustula, krusta, dan kropeng.

Dirawat di ruang isolasi

Sementara itu, Wakil Direktur Bagian Pelayanan Medis dan Perawatan Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati bernama Nurhaidayat, menyampaikan, warga berinisial H ini merupakan rujukan dari Dinas Kesehatan Kota Cirebon.

Pasien H saat ini telah jalani isolasi ICU untuk penanganan lebih lanjut.

"Pasien inisial H, usia 54 tahun, masuk IGD (8/11/2023), jam 16.27 WIB, rujukan dari Dinas Kesehatan Kota Cirebon," kata Nurhidayat dalam konfrensi pers yang dihadiri Kompas.com.

Menurutnya, kondisi pasien terdapat luka dan bisul di sebagian tubuh. Lalu alami mual, demam, dan muntah.

Secara keseluruhan, kata Nurhidayat, kondisi pasien saat ini normal. Hal itu terlihat dari tes nafas, tes tekanan darah, dan juga suhu tubuh.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dinkes Cirebon melalui Tim Surveilens sudah melakukan antisipasi dengan melakukan investigasi terhadap ke empat kontak erat dengan H serta mengirimkan spesimen ke balai Litbangkes Jakarta.

(Penulis: Muhamad Syahri Romdhon | Editor: Glori K. Wadrianto)

https://bandung.kompas.com/read/2023/11/09/182717878/dinkes-cirebon-ungkap-gejala-dan-kondisi-warga-yang-positif-cacar-monyet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke