Salin Artikel

Bupati Bogor Sebut Program "Satu Miliar Satu Desa" Rawan Dikorupsi, Minta Penggunaannya Dikawal

Ratusan miliar rupiah yang dianggarkan tahun lalu belum diimbangi dengan pengawasan dalam penggunaannya, sehingga dana bantuan untuk membangun infrastruktur desa ini kerap diselewengkan atau dikorupsi oleh oknum.

Tidak sedikit kepala desa di Bogor tersandung kasus korupsi dana Samisade tersebut.

Terbaru, eks Kepala Desa Tonjong, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Nur Hakim (43) ditangkap polisi karena menggelapkan dana desa sebesar Rp 501 juta pada 2022.

Dana yang bersumber dari program Samisade tersebut seharusnya digunakan untuk betonisasi jalan Desa Tonjong.

Oleh karena itu, Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan perlunya pengawasan atau pengawalan langsung untuk menghindari penyelewengan dana.

"Program pembangunan yang didanai Samisade memang perlu pengawalan langsung oleh Pemkab Bogor baik itu kewenangan edukasi, kontroling, monitoring dan evaluasi sehingga harus dikawal dengan optimal agar terealisasi dengan baik," ujar Iwan melalui keterangan tertulisnya, Kamis (9/11/2023).

Iwan menuturkan, program Samisade membawa banyak manfaat bagi desa-desa yang selama ini tertinggal.

Contohnya, infrastruktur jalan dan jembatan yang puluhan tahun tidak tersentuh kini berhasil terbangun, bahkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat hingga di tingkat desa.


Menurutnya, sudah banyak manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat Kabupaten Bogor.

"Akselerasi pembangunan desa melalui Samisade sangat luar biasa, banyak manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat. Pengawalan dan pengawasan kami lakukan bersama dengan tim agar pelaksaannya berjalan dengan lancar, mulus tanpa hambatan,” katanya.

Iwan pun memastikan bahwa program Samisade akan tetap berlanjut tahun depan meski jabatannya sebagai Bupati Bogor berakhir pada 30 Desember 2023.

“Walaupun saya tahun ini berhenti karena kontrak masa jabatan berakhir, saya komitmen akan melanjutkan Samisade di tahun 2024 dan mungkin Pj (Penjabat) Bupati Bogor nanti yang menjalankan program Samisade-nya," pungkas Iwan.

https://bandung.kompas.com/read/2023/11/10/073721578/bupati-bogor-sebut-program-satu-miliar-satu-desa-rawan-dikorupsi-minta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke