Salin Artikel

3 Rumah Pompa di 3 Titik Banjir Kota Bandung Rampung Akhir 2023

"Kontraknya selesai 27 Desember, berarti tiga-tiganya (rumah pompa) selesai akhir tahun, mudah-mudahan lancar."

Demikian kata Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi di Bandung, Senin (13/11/2023).

Didi mengatakan, pembangunan rumah pompa tersebut berguna untuk menghadapi musim hujan.

Sebab, ketiga wilayah yakni Cibaduyut, Leuwipanjang dan Pasirkoja selalu menjadi langganan banjir saat musim penghujan tiba.

"Tahun ini, selesai tiga rumah pompa dengan harapan dapat mengurangi banjir atau bahkan meniadakan banjir di tiga wilayah tersebut," kata dia, seperti dikutip Antara.

Didi juga menyampaikan, rumah pompa di kawasan Citarip saat ini masih dalam tahap perbaikan, akibat terkendala banyaknya sampah yang menyulitkan pompa menyedot air banjir.

"Rumah pompa di Citarip ini belum optimal karena sampahnya masih jadi kendala. Jadi, ini sedang kita terus perbaiki supaya efektif," kata dia.

Selain pembangunan rumah pompa, kata dia, Pemkot Bandung juga menuntaskan pembangunan 11 kolam retensi (penyimpanan atau penahanan air) sebagai salah satu solusi mitigasi bencana banjir.

"Nanti, kita akan melakukan penambahan dan perbaikan kolam retensi, semoga hal ini bisa mereduksi banjir di Kota Bandung," kata Didi.

Didi mengatakan pada akhir tahun 2023 ini dua kolam retensi yang berada di wilayah Bandung Timur akan rampung dibangun, sebagai antisipasi banjir yang kerap melanda daerah tersebut.

"Sedang berjalan tahun ini tinggal dua lagi yaitu di daerah Margahayu dan Rancabolang," kata dia.

https://bandung.kompas.com/read/2023/11/13/130401978/3-rumah-pompa-di-3-titik-banjir-kota-bandung-rampung-akhir-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke