Salin Artikel

Keracunan Massal di Purwakarta, Dinkes Jabar Turun Tangan

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 227 orang mengalami muntah-muntah setelah mengonsumsi makanan, pada Jumat (17/11/2023).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Jawa Barat, Rochady Hendra Setya Wibawa, seperti dikutip Antara, menyebutkan salah satu yang diteliti adalah sampel muntahan korban.

Selain itu, juga makanan yang disantap pun diperiksa. "Kami telah mengambil sampel dari makanan Jumat berkah jumatan berupa nasi, mi goreng dan telur balado."

"Saat ini, sampel muntahan juga sedang diteliti di Labkesda (Laboratorium Kesehatan Daerah)," kata Rochady, saat dikonfirmasi di Bandung, Senin (20/11/2023).

Selain menguji sampel, juga dilakukan pemeriksaan, pemberian obat dan rujukan, serta koordinasi dengan desa serta aparat setempat.

Ia menyebut hingga saat ini tercatat, ada 195 korban bergejala ringan dan 32 orang bergejala berat. Tidak ada korban meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

Petugas kesehatan yang menangani kasus keracunan tersebut, kata Rochady, tercatat ada 84 orang.

Para pasien mendapatkan perawatan di Puskesmas Kiarapedes 66 orang, Puskesmas Wanayasa 84 orang, dan Klinik Ibnu Sina 77 orang.

https://bandung.kompas.com/read/2023/11/21/081201078/keracunan-massal-di-purwakarta-dinkes-jabar-turun-tangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke