Salin Artikel

Jual "Sinte" di Cimahi dan Bandung Barat, BNN Gadungan Ditangkap

Pemuda 26 tahun itu ditangkap jajaran Satres Narkoba Polres Cimahi beberapa hari lalu di kediamannya Puri Cipageran, Desa Tanimulya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Kasatresnakroba Polres Cimahi, AKP Tanwin Nopiansyah mengatakan, pelaku sudah menjadi target operasi sejak beberapa lama, polisi sudah melakukan pengintaian kepada pelaku.

"Jadi selama mengedarkan tembakau sintetis ini, dia menggunakan identitas palsu petugas BNN Kota Cimahi. Jadi dua pakai identitas palsu itu supaya dia aman dan merasa percaya diri," ungkap Tanwin saat gelar perkara di Mapolres Cimahi, Selasa (21/11/2023).

Dari hasil pemeriksaan terhadap pelaku, Koko sudah mengedarkan tembakau sintetis ke berbagai wilayah di sekitar Kota Cimahi dan Bandung Barat dengan strategi sistem tempel.

"Saat diamankan, dari tersangka ini kita amankan barang bukti 102 gram tembakau sintetis siap edar. Dia mengedarkannya dengan sistem tempel," sebut Tanwin.

Sementara itu, Kepala BNN Kota Cimahi, Yulius Amra mengungkap, Koko menggunakan identitas palsu untuk menyamar menjadi petugas BNN Kota Cimahi.

"Seperti yang disampaikan tadi, bahwa identitas itu palsu. Kalau yang asli, untuk kepala BNN itu latar belakang fotonya merah. Kalau pegawai biasa berwarna hijau," jelas Yulius.

Yulius mengatakan, nama Muhammad Michael Febryan Lesmana alias Koko sudah masuk dalam daftar target operasi BNN juga.

Aksi jual beli ganja sintetis yang ia lakukan sudah tercium jauh-jauh hari sebelum penangkapan.

"Jadi dia sudah lama jadi target kita juga. Cuma mungkin saat dia beraksi itu dalam pengamatan Satresnarkoba sehingga langsung diamankan," kata Yulius.

Terpisah, Koko mengaku sengaja menggunakan identitas palsu dengan mencatut anggota BNN Kota Cimahi untuk berkamuflase agar pembelinya percaya bahwa barang yang dikirim dalam keadaan aman.

"Iseng saja pak, supaya bisa mengelabui petugas juga kalau lagi beraksi. Jadi orang percaya saya dari BNN," ucap Koko.

https://bandung.kompas.com/read/2023/11/21/150726078/jual-sinte-di-cimahi-dan-bandung-barat-bnn-gadungan-ditangkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke