Salin Artikel

Dinsos Kota Bandung Telusuri Pengemis Pura-pura Buta yang Videonya Viral di Medsos

Video aksi pengemis tersebut terjadi di Jalan Siliwangi, Kota Bandung, Jawa Barat, sempat menghebohkan jagat media sosial.

Pengemis tersebut berpura-pura buta saat lampu lalu lintas berwarna merah. Namun, setelah saat lampu hijau menyala, pengemis tersebut kembali berjalan normal.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Bandung Irfan Alamsyah mengatakan, sudah ada tim yang terjun langsung ke lokasi tempat pengemis itu beraksi. Namun, hasilnya nihil.

"Saya kemarin Senin (27/11/2023) bersama tim dari jam 2 siang sampai 7 malam ke lokasi, tapi tidak menemukan pengemis itu," katanya saat dihubungi, Selasa (28/11/2023).

Pencarian pengemis itu tidak sampai di situ saja, Irfan lalu mengumpulkan informasi dari warga sekitar dan diketahui bahwa pelaku baru seminggu melancarkan aksinya.

"Seminggu lalu ada. Pengemis itu bukan warga sekitar, tapi kami belum bisa memastikan asal daerah pengemis itu," tambah Irfan.

Dia menduga, pengemis tersebut tidak kembali beraksi karena videonya sudah viral di media sosial, sehingga memilih tiarap untuk sementara waktu.

"Mungkin pengemis itu ada akses ke media sosial dan tahu sudah viral. Tapi mungkin juga karena kemarin cuacanya hujan, jadi tidak ada," katanya.

Irfan akan terus mencari pengemis tersebut dan menjangkau penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) lainnya.

"Kami lakukan penjangkauan setiap hari. Hanya memang ada keterbatasan jangkauan karena Kota Bandung luas. Kalau penertiban itu ranahnya ada di Satpol PP," katanya.

Dia menerangkan, PMKS yang akan sudah diamankan akan diberikan pembinaan selama tujuh hari, sebelum dikembalikan ke daerah atau lingkungan asalnya.

"Kami bawa ke rumah singgah, direhabilitasi sosial dasar. Bila warga luar kota, kami akan berkoordinasi dengan Dinsos kota tersebut," ungkap Irfan.

https://bandung.kompas.com/read/2023/11/28/154137678/dinsos-kota-bandung-telusuri-pengemis-pura-pura-buta-yang-videonya-viral-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke