Salin Artikel

Anies Singgung Harga Pangan Mahal, tapi Petani Terima Uang Sedikit

Hal itu disampaikan Anies saat kampanye perdananya di Gor Laga Satria Laga Tangkas, Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/11/2023).

"Kondisi yang dihadapi hari ini adalah kondisi ekonomi yang sulit. Di Indonesia hari ini sekitar 50 persen dari pengeluaran keluarga adalah untuk kebutuhan pangan, uangnya habis buat kebutuhan pangan," kata Anies.

Anies lalu bertanya kepada ibu-ibu yang hadir. "Apakah harga pangannya makin murah atau mahal ?" ucap Anies dijawab kompak bahwa harga pangan mahal.

Dia kemudian menyampaikan tentang perlunya perubahan dalam sistem supaya bisa memberi keadilan bagi semua.

"Mau diteruskan, apa diubah" kata Anies di hadapan para pendukungnya.

Oleh karena itu, kebijakan sebelumnya harus diubah agar harga pangan lebih terjangkau sehingga masyarakat merasakan kehidupan yang lebih baik.

"Ini yang hendak diubah, bila harga beras mahal, tapi uangnya sampai ke petani, saya yakin ibu bapak ikhlas, betul tidak?" ujar Anies ke pendukungnya.

Masalahnya, keluarga yang ada di perkotaan bayar beras harganya mahal.

"Tetapi petani terima uangnya sedikit, ini hilang di jalan. Ini mau diteruskan apa diubah?," ucap Anies disambut jawaban kompak harus diubah.

"Kebijakannya mau diteruskan apa diubah. Harus diubah," tegas Anies.


Anies mengatakan ingin menghadirkan keadilan dengan cara membuat perubahan lewat konstitusional atau pemilihan presiden pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Cuman lima jam waktunya, dibuka untuk perubahan. Jam 8 pagi sampai jam 1 siang. Tapi 5 jam itu menentukan arah perjalanan 5 tahun ke depan," kata dia.

Anies pun meminta seluruh pendukungnya untuk mengajak tetangga, saudara, kerabat, menjadi bagian dari perubahan tersebut.

Tahun depan disebutnya bukan soal pergantian presiden saja, tetapi pergantian kebijakan.

"Kita ingin agar yang kecil jadi besar, tapi yang besar tidak usah dimusuhi biar yang besar juga tambah besar. Insha Allah dengan perubahan yang dikerjakan nanti kita akan merasakan keadilan bagi semua. Dari Bogor yang penuh semangat nanti bisa menular ke seluruh Jabar dan ke seluruh Indonesia," ungkapnya.

"Sampaikan kepada semua bahwa kita kerja keras sama-sama. Ini bukan soal nama orang, ini soal perubahan, kita ingin kebutuhan pokok terjangkau, sekolah lebih murah harganya, pendidikan menjadi mudah, ngurus kalau sakit jadi lebih mudah," jelas Anies.

https://bandung.kompas.com/read/2023/11/28/221326578/anies-singgung-harga-pangan-mahal-tapi-petani-terima-uang-sedikit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke