Salin Artikel

Apa Itu "Pertanian Kontrak", Program yang Dipilih Anies Menggantikan "Food Estate"?

Anies menilai, pertanian kontrak yang digagasnya bersama calon wakil presiden Muhaimin Iskandar membuka peluang lebih besar bagi para petani untuk bisa berkembang.

Dengan program ini, para petani tetap bisa bertani di wilayah mereka dengan sistem kemitraan dengan Badan Usaha Milik Daerah maupun Badan Usaha Milik Negara.

"Jadi, sentra-sentra pertanian itu yang sekarang ada, dijadikan sebagi mitra. Bisa BUMD, BUMN, swasta, tapi pemerintah menyiapkan regulasinya sehingga memungkinkan produk pertanian itu langsung bisa diambil oleh masyarakat yang membutuhkan lewat badan usaha itu," kata Anies saat kampanye di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/11/2023). 

Menurut Anies, program yang digagasnya itu akan lebih memberikan keadilan dibanding food estate.

Salah satunya karena anggaran untuk pertanian akan tepat sasaran, yaitu diberikan ke petani.

"Kami melihat cara seperti itu akan lebih adil karena mereka yang selama ini berpuluh-puluh tahun memang memproduksi pertanian. Kalau kita melakukan food estate, maka dana kita itu justru diberikan ke tempat yang baru, ke tempat yang dikelola oleh korporasi, " jelasnya. 

"Padahal dana yang sama, karena kalau diberikan untuk contract farming, maka yang menerima adalah rakyat yang selama ini bekerja senyatanya memproduksi," kata Anies. 

https://bandung.kompas.com/read/2023/11/29/145305578/apa-itu-pertanian-kontrak-program-yang-dipilih-anies-menggantikan-food

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke