Salin Artikel

Ribuan Buruh Asal Kabupaten Bandung Ajak Buruh Lain ke Gedung Sate

Pantauan di lapangan, rombongan buruh yang melakukan perjalanan ke pusat Kota Bandung tersebut, selalu mampir di pabrik-pabrik yang dilintasi, untuk mengajak buruh lain bergabung.

Para buruh mulai bergerak dari wilayah Banjaran, Kabupaten Bandung untuk menuju Gedung Sate. Merekaa pun terlihat sudah menunggu konvoi buruh yang lain di depan gerbang pabrik.

Kebanyakan dari mereka menggunakan sepeda motor. Lalu, di depan rombongan yang konvoi, terdapat mobil komando yang dilengkapi pengeras suara.

Di setiap pabrik yang dilintasi, disuarakan ajakan untuk ikut bergabung berjuang demi kesejahteraan buruh, melalui pengeras suara.

Sebagian buruh yang tak mengikuti aksi terlihat membagikan air mineral bagi rekan-rekannya yang akan berunjuk rasa untuk mengawal penetapan UMK.

Konvoi tersebut, sempat membuat arus lalu lintas terhambat. Pasalnya rombongan hampir memenuhi jalan, dan hanya menyisakan satu lajur dari arah berlawanan.

Rombongan itu pun dikawal polisi bermobil dan bermotor, baik di depan dan di belakang iring-iringan.

Sutrimo salah seorang buruh yang akan ikut unjuk rasa ini menyebut, aksi saling ajak setiap ada unjuk rasa merupakan hal yang biasa.

Pabrik tempat dia bekerja yang berlokasi di Bojongsoang, Kabupaten Bandung merupakan titik akhir penjemputan massa untuk ikut beraksi.

"Ini paling akhir, sebab berbatasan dengan Kota Bandung, jadi kami menunggu teman-teman melintas," kata dia saat ditemui beberapa saat sebelum ikut dengan rombongan buruh lainnya.

Jalur seperti Banjaran Katapang, Palasari, Pameungpeuk, Dayeuhkolot, pasti menjadi sasaran para buruh untuk berhenti bekerja dan ikut serta dalam aksi unjuk rasa.

"Jadi kami menunggu kawan-kawan buruh lain yang melintas, untuk bergabung dengan mereka," ujar dia lagi.

Sutrimo mengatakan, aksi saling jemput bukanlah aksi sweeping yang kerap dituduhkan pada kaum buruh.

"Tak tahu teman- teman daerah lain, mungkin ada atau tidak yang sweeping. Inginnya mah ada biar semua turun," ujar dia.

Ketika rombongan buruh melintas ke depan pabrik di mana Sutrimo bekerja, ia bersama teman-temannya langsung ikut masuk ke dalam rombongan dengan menggunakan sepeda motor.

https://bandung.kompas.com/read/2023/11/30/142048178/ribuan-buruh-asal-kabupaten-bandung-ajak-buruh-lain-ke-gedung-sate

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke