Salin Artikel

Demi Bandung Bebas Sampah, Pemkot Gelontorkan Dana Rp 31,9 Miliar

“Ini merupakan bagian yang diamanatkan dalam APBD-P berupa dukungan bantuan sarana dan prasarana berupa ember, karung, termasuk juga pembangunan hangar-hangar untuk maggot,” kata Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, di Bandung, Kamis (30/11/2023).

Ema mengatakan, alokasi anggaran itu merupakan bentuk dukungan dari pemerintah kota untuk memprioritaskan penanganan sampah rumah tangga.

Harapannya agar permasalahan sampah di Kota Bandung bisa teratasi di level kewilayahan.

“Ada kewajiban kami untuk memberikan dukungan anggaran untuk bisa menjauhkan kota ini dari ancaman sampah,” kata dia seperti dikutip Antara.

Ia berharap, dengan segala dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Bandung, permasalahan sampah bisa terselesaikan di level rumah tangga.

“Sampah itu tidak harus dibuang, tapi mari kita kelola secara bijak dan saya yakin kalau pendekatannya di tingkat kewilayahan atau keluarga, tidak akan terlalu berat,” kata dia.

Lebih lanjut, Ema menyebut sarana dan prasarana yang disiapkan oleh pemerintah kota berupa ember, karung dan kompos sudah diterima oleh setiap kewilayahan.

Nantinya, barang-barang tersebut akan digunakan untuk menangani sampah organik.

“Fasilitas itu sudah diterima oleh masyarakat yang saya yakin itu tepat sasaran karena yang mengetahui, dan yang paling membutuhkan kan RT dan RW dengan adanya daya dukung sarana ini,” kata Ema.

Dia mengaku optimistis penyelesaian sampah ini bisa segera teratasi dengan dukungan dari seluruh kewilayahan melalui sarana tersebut.

Kelak, kata dia, akan menciptakan kawasan bebas sampah (KBS) baru di Kota Bandung.

“Kemarin itu sudah melihat ada kelurahan berstatus KBS. Mudah-mudahan ini nanti akan bergerak terus seperti teori bola salju. Satu kelurahan, dua kelurahan, tiga kelurahan dan seterusnya,” kata dia.

https://bandung.kompas.com/read/2023/11/30/152314578/demi-bandung-bebas-sampah-pemkot-gelontorkan-dana-rp-319-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke