Salin Artikel

Dongkrak Penumpang BIJB Kertajati, Kemenparekraf Siapkan Destinasi Baru

BANDUNG, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, berbagai paket dan destinasi sedang disiapkan untuk mengoptimalkan operasional Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

"Kita sudah menyiapkan paket-paket dan setelah rakornas ini, kami langsung berangkat ke Majelangka serta Sumedang, karena di situ yang harus kita siapkan destinasi-destinasinya untuk mengaktifkan Bandara Kertajati," ujar Sandiaga Uno di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) 2023 di Bandung, Selasa (12/12/2024).

Sandiaga mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait persiapan paket-paket wisata yang ditawarkan kepada wisatawan.

Selain itu, pihaknya menjajaki kerja sama dengan berbagai maskapai penerbangan untuk menambah rute perjalanan ke BIJB Kertajati.

Terutama untuk penerbangan internasional. Nantinya rute internasional dari BIJB Kertajati tidak hanya ke Singapura dan Malaysia, namun ke negara lainnya.

Salah satunya ke negara-negara Timur Tengah yang sedang dijajaki.

Target Wisman

Untuk wisatawan mancanegara (wisman), sambung Sandi, tahun depan ditargetkan 9,5 juta-14,3 juta kunjungan ke Indonesia.

Jumlah itu meningkat dari kunjungan wisman tahun ini yang telah mencapai 9,49 juta kunjungan. Jumlah tersebut melampaui target 2023 sebanyak 8,5 juta kunjungan.

"Pergerakan wisatawan nusantara juga kita pompa, targetnya tahun depan 1,25 miliar perjalanan dan 1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/12/12/220923578/dongkrak-penumpang-bijb-kertajati-kemenparekraf-siapkan-destinasi-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke