Salin Artikel

Tol Cipularang Macet karena Diblokade Buruh, Ketua KSPSI Jabar: Itu Aksi Spontanitas

Menurutnya, aksi tersebut merupakan bentuk spontanitas para buruh yang kecewa terhadap kebijakan Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin soal penetapan besaran UMK 2024.

"Aksi kemarin tidak ada agenda untuk tutup tol, kejadian terjadi secara spontanitas teman-teman buruh," katanya saat dihubungi, Jumat (15/12/2023).

Dia menerangkan, massa buruh yang menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat sudah membubarkan diri pada Kamis (14/12/2023) sekitar pukul 17.00 WIB.

Namun karena kecewa aspirasinya tidak diterima oleh Bey Machmudin, massa buruh pun kemudian melanjutkan aksinya dengan memblokade jalan tol.

"Khususnya teman-teman buruh yang dari luar Bandung Raya, karena aksi kemarin jam 5 sore sudah bubar dari Gedung Sate dan Disnakertrans Jabar," sebutnya.

"Mungkin teman-teman buruh kecewa dengan sikap pj gubernur yang tidak mau merevisi Kepgub UMK Tahun 2024, sehingga pada saat pulang dari Gedung Sate teman-teman buruh spontanitas melakukan hal tersebut," tambah Roy.

Roy menambahkan, aksi demonstrasi yang rencananya dilakukan hari ini terpaksa dibatalkan, dan akan dilanjutkan pada pekan depan.

"Minggu depan menunggu jadwal rapat dewan pengupahan provinsi Jawa Barat," pungkasnya.


Diketahui, massa buruh yang berdemonstrasi di Gedung Sate melanjutkan aksinya dengan memblokade jalan Tol Cipularang.

Akibatnya terjadi kemacetan di Km 116+600 Ruas Tol Cipularang arah Bandung sejak pukul 16.45 WIB dan berimbas pada kepadatan lalu lintas.

Pihak Jasa Marga bersama kepolisian kemudian melakukan penanganan aksi buruh ini selama melintasi jalan tol. Hingga akhirnya pada pukul 19.30 WIB, arus lalu lintas jalan bisa kembali normal.

"Setelah dilakukan negosiasi panjang antara kepolisian dan buruh, lalu lintas dapat dibuka kembali. Petugas Jasa Marga dan Kepolisian melakukan percepatan penguraian kepadatan lalu lintas yang terpantau telah sampai Km 98 Ruas Tol Cipularang," ujar Marketing & Communication Departement Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Panji Satriya dalam keterangan resminya.

Panji menyayangkan aksi blokade yang dilakukan oleh masa buruh. Agar tidak terjadi hal yang serupa dikemudian hari, pihaknya akan berkoordinasi dengan stakeholder terkait.

"Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi TRAVOY guna mempermudah akses informasi melalui live CCTV dan komunikasi kepada petugas Jasa Marga," tambahnya.

https://bandung.kompas.com/read/2023/12/15/134813078/tol-cipularang-macet-karena-diblokade-buruh-ketua-kspsi-jabar-itu-aksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke