Salin Artikel

BMKG Ungkap Penyebab Cuaca di Bandung Raya Terasa Panas meski Masuk Musim Hujan

Hal tersebut, kata dia, disebabkan adanya gangguan ekuatorial atmosfer. Sehingga pola pertumbuhan awan lebih banyak terjadi di Jawa bagian tengah menuju timur.

Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga pertengahan dasarian III Desember 2023.

"Sebagian besar wilayah Bandung Raya sudah memasuki musim hujan pada akhir November 2023. Namun demikian, pada awal dasarian II Desember, wilayah Jawa Barat dan Sumatera bagian selatan mengalami penurunan jumlah curah hujan," katanya dikonfirmasi melalui pesan singkat, pada Selasa (18/12/2023).

Selain itu, cuaca panas tersebut juga disebabkan oleh banyaknya uap air di atmosfer yang terbawa monsoon Asia dan penguapan yang aktif terjadi pada musim hujan.

Pihaknya mencatat pada dasarian II di Bulan Desember suhu tertinggi adalah 32,9 derajat Celsius dan Kelembapan Relatif tertinggi adalah 90%.

Teguh menyebut kendati terjadi penurunan, hujan dalam skala sangat lokal masih terjadi.

"Dalam kondisi seperti ini, pastikan kondisi kesehatan masyarakat tetal terjaga. Apabila terjadi cuaca ekstrem dihimbau agar masyarakat tidak memaksakan perjalanan, dan diharap untuk mencari tempat berlindung di tempat yang kokoh," ungkap dia.

https://bandung.kompas.com/read/2023/12/19/155437978/bmkg-ungkap-penyebab-cuaca-di-bandung-raya-terasa-panas-meski-masuk-musim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke