Salin Artikel

3 Kecamatan di Kabupaten Bandung Diterjang Puting Beliung, 75 Rumah Rusak

BANDUNG, KOMPAS.com - Puluhan rumah mengalami kerusakan berat dan ringan akibat angin puting beliung di tiga kecamatan di Kabupaten Bandung.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Jawa Barat Hadi Rahmat mengatakan, angin puting beliung yang terjadi pada Jumat (29/12/2023) sekitar pukul 17.35 WIB.

Terdapat tiga kecamatan yang diterjang puting beliung, yakni Kecamatan Arjasari, Cimenyan, dan Ciparay.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat, sebanyak 75 rumah dan bangunan mengalami kerusakan di tiga kecamatan itu.

Kecamatan Cimenyan, 3 unit bangunan terdampak, 55 unit rumah rusak ringan, dan 1 unit rumah rusak berat.

Di kecamatan Ciparay, 15 unit rumah mengalami rusak ringan, sedang Kecamatan Arjasari 1 unit rumah mengalami rusak sedang.

"16 KK atau 61 jiwa total terdampak dari kejadian tersebut," ucap Hadi dalam keteranganya, Sabtu (30/12/2023).

Hadi menyebut BPBD provinsi Jabar telah melakukan assesment dan pendataan kelokasi kejadian terjadinya angin kencang puting beliung. Ia mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap kebencanaan.

"Kondisi terkini TIM URC BPBD Jabar dibantu Diskar Kota Bandung melakukan penebangan pohon pohon yang tumbang di area terdampak," ucapnya.

Sebelumnya, sejumlah video memperlihatkan jalanan dan rumah diterpa angin kencang hingga lokasi yang porak poranda usai diterjang angin puting beliung beredar di media sosial.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, akan tetapi sejumlah unit rumah mengalami kerusakan.

https://bandung.kompas.com/read/2023/12/30/120955278/3-kecamatan-di-kabupaten-bandung-diterjang-puting-beliung-75-rumah-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke