Salin Artikel

Libur Nataru, Kunjungan Wisatawan di Lembang Naik 34 Persen

Peningkatan jumlah kendaraan yang masuk kawasan Lembang itu berdasar dari hitungan Dinas Perhubungan (Dishub) Bandung Barat, yakni 373.741 unit pada tahun 2023. Sementara 246.155 unit kendaraan pada tahun 2022.

"Berdasar penghitungan kami, volume kendaraan yang masuk kawasan Lembang pada tahun ini meningkat sebanyak 34 persen," ujar Kadishub Bandung Barat, Fauzan Azima saat dihubungi, Selasa (2/1/2024).

Fauzan menduga, peningkatan kunjungan wisata di kawasan Lembang ini dipicu oleh banyaknya objek wisata yang berinovasi menyuguhkan wahana-wahana baru.

"Peningkatan di Lembang karena ada daya tarik wisata meningkat. Kita tahu ada banyak wahana baru, restoran, bahkan tempat menginap untuk staycation yang menjadi magnet pengunjung," kata Fauzan.

Tingginya kendaraan yang masuk ke kawasan Lembang ini berbanding terbalik dengan kepadatan arus lalu lintas di kawasan Padalarang.

Jika tahun 2022 kawasan Padalarang dilintasi oleh 619.919 unit kendaraan, tahun 2023 ini hanya 543.449 unit kendaraan yang masuk.

Jumlah berkurangnya kepadatan kendaraan di kawasan Padalarang ini disebabkan karena adanya moda transportasi umum baru yang cukup menunjang wisatawan Jakarta masuk ke Bandung.

"Kalau di Padalarang sebagian besar menggunakan Tol, ada yang keluar GT Padalarang tapi banyak yang keluar lewat Pasteur langsung menuju Lembang. Pengaruh yang lebih kuat yakni kehadiran Kereta Cepat Whoosh yang langsung mengantar wisatawan menuju Bandung via kereta feeder," tandasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2024/01/02/164833378/libur-nataru-kunjungan-wisatawan-di-lembang-naik-34-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke