Salin Artikel

Sumedang Diguncang 8 Kali Gempa Susulan dalam Tiga Hari Terakhir, 1.004 Rumah Rusak

KOMPAS.com - Gempa susulan masih mengguncang wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar). Terakhir, gempa berkekuatan lebih rendah terjadi pada Rabu (3/1/2024) pukul 01.42 WIB.

"Getaran gempa berkekuatan magnitudo 2,3," tulis BMKG dalam laman resminya.

Menurut catatan BMKG, 8 gempa susulan terjadi di Kabupaten Sumedang dalam tiga hari terakhir.

Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Herman Suryatman mengatakan, gempa yang terjadi dalam tiga hari terakhir berdampak di 8 kecamatan, yakni Kecamatan Ganeas, Cisarua, Tanjungkerta, Tangjungmedar, Rancakalong, Sumedang Utara, Sumedang Selatan, dan Kecamatan Cimalaka.

"8 kecamatan yang terdampak, 1004 rumah rusak, 808 rumah rusak ringan, 93 rumah rusak sedang, 103 rumah rusak berat," kata Herman, Selasa (2/1/2023), dikutip dari TribunJabar.id.

Herman menyampaikan, nantinya akan ada tim khusus dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang untuk memverifikasi data dampak gempa di Sumedang.

"Data yang valid. Selanjutnya akan diusulkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," ujar Herman.

Donasi untuk korban gempa Sumedang

BPBD Kabupaten Sumedang menyebut donasi untuk korban gempa Sumedang disalurkan secara satu pintu melalui pihaknya.

Kepala Pelaksana BPBD Sumedang, Atang Sutarno menjelaskan, hal itu dilakukan agar data yang ada menjadi satu.

"Koordinasi dengan pihak terkait, silakan saja. Satu pintu ke BPBD. Kami membuka bantuan bagi yang mau memberikan hanya lewat BPBD," ucap Atang, Rabu (3/1/2024).

Polres Majalengka kirim bantuan

Polres Majalengka mengirim bantuan kepada warga terdampak gempa bumi di Kabupaten Sumedang, Jabar, pada Rabu (3/1/2024).

Kiriman bantuan sosial tersebut dilepas oleh Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto, di Mapolres Majalengka, Jalan KH. Abdul Halim, Kecamatan/Kabupaten Majalengka.

Menurutnya, bantuan sosial itu merupakan bentuk kepedulian jajaran Polres Majalengka kepada warga terdampak gempa bumi di Sumedang.

"Tetangga kita di Sumedang mengalami musibah, sehingga kami turut membantu melalui pengiriman bantuan ini," ungkap Indra Novianto, di Mapolres Majalengka, Rabu (3/1/2024).

Dia membeberkan, bantuan yang dikirim berupa 200 paket obat-obatan serta sembako. Nantinya, bantuan tersebut akan didistribusikan ke posko-posko yang ditunjuk Polda Jabar.

"Untuk teknis pendistribusian bantuannya, kami mengikuti arahan dari Polda Jabar dan berkoordinasi dengan Polres Sumedang, sehingga lebih tepat sasaran," tutur Indra.

"Semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat untuk membantu warga Kabupaten Sumedang yang terdampak bencana gempa bumi," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2024/01/03/124510378/sumedang-diguncang-8-kali-gempa-susulan-dalam-tiga-hari-terakhir-1004-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke