Salin Artikel

Daftar Nama Jalan Tol di Jawa Barat, Ada Jalan Tol Tertua hingga Terowongan Jalan Tol Terpanjang

KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur jalan tol terus dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) termasuk di wilayah Jawa Barat.

Kehadiran jalan tol ini diharapkan akan mendukung pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan membuka banyak peluang usaha baru di wilayah Jawa Barat.

Dilansir dari unggahan Instagram @kemenpupr, terdapat 16 ruas tol di wilayah Jawa Barat yang dikenal dengan sebutan-sebutan unik.

Sebutan ini berasal dari singkatan yang diambil dari nama-nama daerah yang dilewati oleh ruas tol tersebut.

Nama Jalan Tol di Jawa Barat

Berikut adalah beberapa daftar nama jalan tol di Jawa Barat beserta informasi singkat yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jalan Tol Jagorawi

Jalan Tol Jagorawi yang merupakan singkatan dari Jakarta – Bogor – Ciawi adalah jalan tol pertama dan tertua di Indonesia yang dioperasikan oleh Jasa Marga pada tahun 1978.

Dengan total panjang 59 km, Tol Jagorawi menghubungkan wilayah Jakarta, Cibubur, Citeureup, Bogor, serta Ciawi.

Saat ini, jalan Tol Jagorawi telah tersambung dengan banyak Jalan Tol lainnya, seperti Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, Jalan Tol Bogor Ring Road, Jalan Tol Cimanggis - Cibitung, Jalan Tol Cinere - Jagorawi, Jalan Tol Ciawi - Sukabumi.

2. Jalan Tol Cipali

Jalan Tol Cipali yang merupakan singkatan dari Cikopo – Palimanan adalah jalan tol yang menghubungkan wilayah Cikopo di Purwakarta hingga Palimanan di Cirebon.

Tol Cipali yang memiliki total panjang 116 km dapat memangkas rute Cikampek-Palimanan hingga 40 km dibanding melewati jalur Pantura.

3. Jalan Tol Cipularang

Jalan Tol Cipularang yang merupakan singkatan dari Cikampek – Purwakarta – Padalarang adalah jalan tol yang menghubungkan wilayah Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat.

Tol Cipularang memiliki total panjang 54 km ini memiliki ruas tol yang menuntut pengendara untuk waspada, karena terdapat daerah rawan kecelakaan yaitu di sepanjang kilometer 90 sampai dengan kilometer 100 akibat kontur jalan yang berkelok dan menurun.

4. Jalan Tol Purbaleunyi

Jalan Tol Purbaleunyi yang merupakan singkatan dari Purwakarta – Bandung – Padaleunyi adalah jalan tol yang menghubungkan wilayah Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung.

Tol Purbaleunyi memiliki total panjang hampir 123 km menjadi jalan tol panoramic, terutama pada ruas Cikampek – Padalarang dengan pemandangan alam yang indah.

5. Jalan Tol Padaleunyi

Jalan Tol Padaleunyi yang merupakan singkatan dari Padalarang – Cileunyi adalah jalan tol yang menghubungkan wilayah menghubungkan wilayah Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Tol Padaleunyi yang memiliki total panjang 33 km ini adalah bagian dari Tol Purbaleunyi.

6. Jalan Tol Japek

Jalan Tol Japek yang merupakan singkatan dari Jakarta – Cikampek adalah jalan tol yang menghubungkan wilayah Kota Jakarta Timur, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta.

Jalan tol ini terletak bertindihan dengan Jalan Layang Mohamed bin Zayed (MBZ) di ruas Cikunir–Karawang Barat.

Tol Japek yang memiliki total panjang hampir 83 km dahulu merupakan bagian dari rencana pembangunan "Kota Mandiri Jonggol" yang gagal karena terdampak krisis moneter pada tahun 1997-1998.

7. Jalan Tol Bocimi

Jalan Tol Bocimi yang merupakan singkatan dari Bogor – Ciawi – Sukabumi Cikampek adalah jalan tol yang yang menghubungkan wilayah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Sukabumi.

Tol Bocimi memiliki total panjang 54 km ini dibangun untuk mengurangi kemacetan yang selama ini terjadi bila ada perjalanan yang menuju ke arah Sukabumi.

Pembangunan tol ini merupakan salah satu dari rangkaian Proyek Strategis Nasional yang dicanangkan oleh Pemerintah yang ditargetkan selesai pada 2024.

8. Jalan Tol Becakayu

Jalan Tol Becakayu yang merupakan singkatan dari Bekasi – Cawang – Kampung Melayu adalah jalan tol yang menghubungkan wilayah Kalimalang di Jakarta Timur, Kota Bekasi, hingga Kabupaten Bekasi.

Tol Becakayu yang memiliki total panjang 16,78 km mulai dibangun pada tahun 1996 dan resmi beroperasi penuh pada 1 April 2023.

9. Jalan Tol Cisumdawu

Jalan Tol Cisumdawu yang merupakan singkatan dari Cileunyi – Sumedang – Dawuan adalah jalan tol yang menghubungkan wilayah Bandung, Sumedang, dan Majalengka.

Tol Cisumdawu yang memiliki total panjang 61,6 km ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 11 juli 2023.

Salah satu keunikan Tol Cisumdawu adalah keberadaan terowongan kembar (twin tunnel) sepanjang 472 meter yang menjadi terowongan pertama yang berada di jalan tol dan terpanjang di Indonesia.

10. Jalan Tol Cibicil

Jalan Tol Cibicil yang merupakan singkatan dari Cibitung – Cilincing merupakan bagian dari Jaringan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR 2) yang menghubungkan kawasan industri Cibitung dan Cilincing.

Jalan Tol Cibitung - Cilincing yang memiliki 4 seksi dengan total panjang keseluruhan mencapai 34,76 km.

Tol Cibicil Seksi 1 ruas SS Cibitung – Telaga Asih sepanjang 3,03 km diketahui menjadi jalan tol terpendek di Indonesia.

11. Jalan Tol Cimaci

Jalan Tol Cimaci yang merupakan singkatan dari Cimanggis- Cibitung dan menjadi bagian dari jaringan jalan tol JORR 2 Jakarta Outer Ring Road yang melingkar dari Cengkareng hingga Tanjung Priok.

Tol Cimaci sepanjang 26,18 km terdiri dari 2 seksi, yaitu Seksi 1A Junction Cimanggis-Jatikarya sepanjang 3,17 km dan Seksi 2 Jatikarya – Cibitung sepanjang 23,014 km.

12. Jalan Tol Cijago

Jalan Tol Cijago yang merupakan singkatan dari Cinere-Jagorawi adalah jalan tol yang menghubungkan beberapa jalan tol.

Tol Cijago menghubungkan Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) yang berpotongan pada Junction Cimanggis, Jalan Tol Depok–Antasari yang berpotongan pada Junction Krukut, dan Jalan Tol Cinere–Serpong yang berhubungan langsung di daerah Limo.

Dengan total panjang 14,64 km, Tol Cijago terbagi menjadi tiga seksi, yakni Seksi 1 Jagorawi–Raya Bogor sepanjang 3,70 Km (termasuk Junction Cimanggis), Seksi 2 Raya Bogor-Kukusan sepanjang 5,50 km, serta Seksi 3A Kukusan–Krukut sepanjang 3,25 km dan Seksi 3B Krukut-Limo sepanjang 2,19 km.

13. Jalan Tol Desari

Jalan Tol Desari yang merupakan singkatan dari Depok-Antasari adalah jalan tol yang menjadi rute alternatif Jalan Tol Jagorawi dari Jakarta ke Bogor.

Tol Desari mempunyai total keseluruhan panjang 21,60 km dan terbagi menjadi terbagi dalam 3 seksi, yaitu Seksi 1 Antasari – Brigif sepanjang 5,80 km, Seksi 2 Brigif – Sawangan sepanjang 6,30 km, dan Seksi 3 Sawangan – Bojong Gede sepanjang 9,50 km.

14. Jalan Tol Getaci

Jalan Tol Getaci yang merupakan singkatan dari Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap yang menghubungkan dua provinsi yakni Jawa Barat di Gedebage, hingga Jawa Tengah di Cilacap.

Tol Getaci mempunyai total keseluruhan panjang 206,65 km digadang-gadang menjadi ruas tol terpanjang di Indonesia, menggeser posisi Tol Terpeka yang memiliki bentang jalan sepanjang 189 km.

15. Jalan Tol Soroja

Jalan Tol Soroja merupakan singkatan dari Soreang-Pasirkoja yang menghubungkan Kota Bandung dan pusat Kabupaten Bandung serta wilayah Soreang dan sekitarnya.

Tol Soroja juga akan menjadi bagian dari jaringan transportasi Bandung Raya yang terkoneksi dengan Tol Purbaleunyi.

Dengan panjang 8,15 km, Tol Soroja memiliki 2 seksi, yaitu Seksi 1 Pasir Koja - Margaasih sepanjang 2,75 km, serta seksi 2 Segmen Margaasih - Katapang sepanjang 3,3 km dan Segmen Katapang – Soreang sepanjang 2,1 km.

16. Jalan Tol Palikanci

Jalan Tol Palikanci yang merupakan singkatan dari Palimanan – Kanci adalah jalan tol yang menghubungkan wilayah Palimanan dengan wilayah Kanci di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat dengan total panjang 26,3 km.

Sekilas Tentang Jalan Tol

Dilansir dari laman pu.go.id, jalan tol adalah bagian sistem jaringan jalan sebagai jalan nasional di mana pengendara yang melintas akan diwajibkan membayar sejumlah uang tertentu.

Istilah jalan tol di Indonesia merupakan singkatan dari tax on location (pajak di lokasi), karena pengendara harus membayar untuk bisa melewati jalur bebas hambatan yang pada beberapa negara dikenal dengan istilah “toll road”.

Sebagian masyarakat Indonesia mengenal jalan tol sebagai jalur bebas hambatan yang digunakan untuk mempersingkat waktu atau jarak tempuh.

Sehingga istilah jalur bebas hambatan pada jalan tol di Indonesia bukanlah merujuk pada freeway, highway, atau expressway yang pada beberapa negara bisa diakses tanpa biaya.

Wewenang penyelenggaraan jalan tol dilaksanakan oleh pemerintah dalam hal ini adalah Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Selain pemerintah pengusahaan jalan tol juga dilakukan oleh badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, maupun swasta.

Sejak tahun 1978 hingga Oktober 2023, panjang jalan tol di Indonesia yang telah beroperasi mencapai 2.816,7 km.

Ditargetkan hingga akhir 2024 akan tersambung jalan tol sepanjang total 3.196 km.

Sumber:
data.pu.go.id  
pu.go.id 
bpjt.pu.go.id  
indonesiabaik.id  
antaranews.com  
binamarga.pu.go.id  
bpjt.pu.go.id  
pu.go.id  
binamarga.pu.go.id  
bpjt.pu.go.id  
antaranews.com  
bpjt.pu.go.id  
regional.kompas.com 

https://bandung.kompas.com/read/2024/01/07/225902978/daftar-nama-jalan-tol-di-jawa-barat-ada-jalan-tol-tertua-hingga-terowongan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke