Salin Artikel

Jalur Wisata Lembang Longsor, Bus Dilarang Lintasi Jalan Sersan Bajuri

Larangan itu diberlakukan menyusul adanya bencana tanah longsor sepanjang 12 meter dengan kedalaman sekitar 30 meter yang memakan badan jalan di Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, Sabtu (6/1/2024) lalu.

"Mohon maaf bapak dan ibu sekalian, kami terpaksa menghentikan perjalanannya dan meminta untuk segera berputar arah karena telah terjadi longsor yang telah memakan sebagian badan jalan."

Demikian penuturan Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat Arsan Latif di lokasi longsor, Minggu (7/1/2024) kemarin.

Selama ini, Jalan Sersan Bajuri merupakan jalur alternatif yang menyambungkan Kota Bandung dengan kawasan wisata Lembang.

Jalan itu terbilang ramai dilalui kendaraan khususnya kendaraan wisatawan yang hendak berlibur di kawasan wisata Lembang.

Jika Jalan Setiabudi mengalami kepadatan, kendaraan wisata seperti bus pariwisata biasanya memilih masuk kawasan Lembang melalui pertigaan Ledeng, kemudian masuk Jalan Sersan Bajuri untuk tujuan wisata seperti Lembang Park and Zoo atau Dusun Bambu.

Arsan mengatakan, Pemkab Bandung Barat sebetulnya sudah memasang rambu-rambu larangan melintas untuk kendaraan besar.

Namun rambu itu kerap dihiraukan oleh para pengendara kendaraan besar sehingga tebing yang dilalui kendaraan berat perlahan mengalami pergerakan sampai terjadi longsor.

"Seharusnya rambu dilarang masuk tersebut dipasang di persimpangan Ledeng-Cihideung, sehingga dapat dipahami lebih baik oleh para kru bus dan truk besar agar tidak melintas di Jalan Sersan Bajuri ini," kata Arsan.

Selanjutnya, dalam upaya menanggulangi dampak bencana longsor yang memakan badan jalan itu, Dinas PUTR diinstruksikan untuk segera melakukan penghitungan dan langkah lanjutan agar longsor tidak meluas.

Kepala Dinas PUTR Bandung Barat, Mochamad Ridwan Evi mengungkapkan, longsor yang memakan badan jalan itu terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur kawasan Lembang sepanjang hari.

Akibatnya, aliran air sungai mengalir deras hingga menggerus bantaran sungai penopang utama jalan, dan mengakibatkan sebagian badan jalan ambrol.

https://bandung.kompas.com/read/2024/01/08/092922678/jalur-wisata-lembang-longsor-bus-dilarang-lintasi-jalan-sersan-bajuri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke