Salin Artikel

Kecelakaan Beruntun di Jalur Puncak Bogor, Rem Truk Boks Blong Jadi Biang Kerok

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bogor AKP Rizky Guntama mengungkapkan, penyebab kecelakaan itu karena adanya rem blong dari truk boks yang mengakibatkan tabrakan delapan kendaraan di depannya.

Truk boks itu menabrak angkot, mobil, sepeda motor hingga menghantam rumah makan dan bengkel.

"Untuk kendaraan yang terlibat ada 1 truk boks besar, 1 truk boks kecil, 2 angkot, dan 1 minibus, kemudian 4 sepeda motor," ucap Rizky saat ditemui di lokasi.

"Sementara diduga adanya rem blong dari truk boks berisi air mineral yang mengakibatkan menabrak kendaraan di depannya," imbuhnya.

Kecelakaan itu berawal dari truk boks berisi air mineral yang kehilangan kendali karena remnya blong saat melintasi jalan turunan menikung.

Sopir tuk boks bernomor polisi B-9740-UXX lalu membanting setir usai menabrak kendaraan di depannya.

Selanjutnya, truk boks menghantam dua bangunan bengkel dan rumah makan yang di pinggir jalan.

"Kemudian, sopir (truk boks) banting setir menabrak dua bangunan yakni bengkel dan rumah makan," ujarnya.

Kecelakaan beruntun itu bermula saat truk boks dengan nomor polisi B-9740-UXX bergerak dari arah Puncak Pass, Cianjur menuju ke arah bawah Gadog atau Jakarta.

Saat itu, kondisi jalan menurun dan menikung ke kiri. Setibanya di TKP, truk boks langsung menabrak kendaraan sepeda motor Honda Beat bernomor polisi F-2713-RO.

Tidak lama, truk tersebut menabrak kendaraan Suzuki XL7 bernomor F-1582-AAC dan membentur kembali ke angkot biru bernomor polisi F-1993-NZ.


Angkot biru jurusan Bogor tersebut sedang berhenti di badan jalan sebelah kiri dari arah Puncak.

"Kendaraan Suzuki XL bernomor polisi F-1582-AAC terdorong ke kanan jalan membentur angkot kuning D-1914-XA yang bergerak dari arah Gadog menuju ke Puncak," katanya.

Setelah itu, membentur kendaraan Mitshubishi L300 Box bernomor polisi BB-8863-FA yang sedang parkir di bahu jalan sebelah kanan.

Truk boks berisi air mineral itu kembali membentur sepeda motor Honda Beat bernomor polisi B-4044-SEH yang bergerak dari arah berlawanan.

"Terus melaju membentur dua motor sekaligus dan menghantam tembok pilar rumah makan dan toko bengkel C velg mobil," jelasnya.

Akibat kecelakaan itu, sebanyak 17 orang menjadi korban luka-luka baik luka ringan dan luka berat.

https://bandung.kompas.com/read/2024/01/24/060400878/kecelakaan-beruntun-di-jalur-puncak-bogor-rem-truk-boks-blong-jadi-biang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke