Salin Artikel

Warga Bogor Temukan Bayi Perempuan Dalam Kantong Plastik, Diduga Baru Lahir 2 Jam

Bayi perempuan tersebut diduga sengaja dibuang setelah dilahirkan 2 jam oleh ibunya.

Kapolsek Ciomas Kompol Iwan Wahyudi mengatakan, bayi itu ditemukan di semak-semak belukar di sekitar perumahan pada Rabu (24/1/2024) pukul 01.45 WIB.

"Betul, penemuan bayi di semak-semak belukar, di dalam kresek hitam, baru lahir langsung dibuang ke situ, karena kan tali pusarnya masih ada, nempel," kata Iwan sewaktu dihubungi Kompas.com, Kamis (25/1/2024).

Bayi perempuan itu ditemukan pertama kali oleh seorang petugas keamanan atau satpam perumahan bernama Budi Firmansyah (33).

Mulanya, satpam itu mendengar suara tangisan bayi lalu dicek dan ternyata adalah bayi lengkap dengan tali pusar yang menempel.

"Denger tangisan awalnya dan dicek ternyata bayi, ya namanya baru lahir kan, ya pasti nangis gitu. Setelah itu langsung dilaporkan ke polsek," ungkapnya.

Mendapat laporan itu, pihaknya langsung mendatangi lokasi penemuan bayi tersebut.

Iwan menuturkan, bayi itu dalam kondisi sehat meski saat ditemukan posisinya berada di dalam kantong kresek warna hitam.

Setelah itu, bayi tersebut langsung dibawa ke Puskesmas untuk dibersihkan dan dirawat oleh bidan.

Berdasarkan keterangan dari bidan yang menangani, bayi perempuan ini dalam kondisi sehat dengan berat 2,7 kilogram dan panjang 47 sentimeter.

Iwan menduga bayi itu memang sengaja dibuang setelah dilahirkan. Namun, belum diketahui pembuang atau pun orangtua dari bayi tersebut.


Saat ini, penyidik sedang melakukan penyelidikan untuk mengungkap pelaku yang membuang bayi tersebut.

Selain itu, polisi juga meminta keterangan dari saksi-saksi di sekitar lokasi.

"Sementara ini masih dalam penyelidikan, kita juga sudah informasikan ke warga-warga atau tokoh masyarakat sekitar di situ bila ada seorang perempuan yang hamil kemudian tiba-tiba perutnya kempes tapi bayinya enggak ada tolong diinformasikan," ujarnya.

Dia mengimbau untuk melaporkan kepada pihak kepolisian terdekat maupun ke Polres Bogor dengan cara menghubungi Call Center (021) 110 dimana piket operator akan melayani 24 jam dan akan menindak lanjuti laporan aduan tersebut.

https://bandung.kompas.com/read/2024/01/25/202110378/warga-bogor-temukan-bayi-perempuan-dalam-kantong-plastik-diduga-baru-lahir-2

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke