Salin Artikel

Detik-detik Kecelakaan Truk Angkut 30 Peziarah di Bandung Barat yang Tewaskan 5 Orang, Rem Sempat Rusak

Akibat kecelakaan tersebut, lima orang dinyatakan tewas dan 25 orang lainnya luka-luka.

Tiga puluh peziarah yang naik bak truk terbuka tersebut adalah warga Kampung Cinagrog, Desa Citalem, Kecamatan Cipongkor, Bandung Barat.

Pada Jumat dini hari, rombongan tersebut pulang usai berziarah di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Kamis (25/1/2024).

Mereka berangkat dari Cianjur ke Cipongkor pada pukul 00.30 WIB.

Mereka menaiki bak truk yang disopiri Heri Sudrajat dan melewati jalan dengan kontur jalan menurun dan berbelok. Namun saat melintas, Heri kehilangan kendali hingga truk terguling ke kanan.

Di saat bersamaan seluruh penumpang pun berhamburan di jalan.

Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto mengatakan truk sempat terguling di jalan turunan, tetapi kembali ke posisi normal.

"Kendaraan terguling ke sebelah kanan. Namun, posisi kendaraan kembali normal di atas roda menghadap ke arah barat," ungkapnya.

"Jumlah penumpangnya sekitar 30 orang, untuk korban meninggal dunia ada 5 orang, 10 luka berat, dan 15 hanya mengalami luka ringan," tambah dia.

Untuk jenazah para korban yang meninggal telah dibawa ke rumah masing-masing. Sementara itu, para korban yang mengalami luka masih dirawat di beberapa rumah sakit.

"Korban itu ada yang dirujuk ke RSHS, lalu ke RS Cahya Kawaluyan, dan ke Klinik Asy Syifa Cipatat," katanya.

Hal itu diungkapkan Iroh (53), warga Cinagrog RT01 RW09, Desa Citalem, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat yang menjadi korban kecelakaan.

"Mobilnya sudah rusak, terus sempat dibenerin remnya satu jam pas di Cianjur, bukan sama montir tapi sama sopirnya," ujar Iroh saat ditemui di di Klinik Asydha, Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (26/1/2024).

Ia mengatakan mengalami luka-luka karena masuk ke kolong kendaraan.

"Kondisi sudah mendingan, luka di kepala dan tangan, ibu mah kan masuk ke kolong mobilnya," katanya.

Menurut Iroh, kecelakaan terjadi saat ia dan rombongan pulang mengikuti pengajian. Di tengah jalan, kendaraan yang mereka tumpangi sempat hilang kendali dan terguling di lokasi.

"Pas kejadian, saya duduk anak-anak berdiri (di mobil bak) mobilnya sempat terguling, habis pengajian dari Cianjur," katanya

Sementara itu Aep Dayeng (45), warga sekitar lokasi kejadian, mengatakan, sempat mendengar suara dentuman pada Jumat dini hari.

Dia kemudian mendatangi sumber suara dan melihat ternyata suara berasal dari truk yang mengalami kecelakaan.

Aep merupakan orang pertama yang tiba di lokasi kecelakaan.

"Jadi saya mau tidur, tiba-tiba dengar seperti suara pohon tumbang. Saya cek keluar rumah, ternyata itu truk kecelakaan. Jadi terbalik terus posisi terakhirnya itu berdiri lagi," ujar Aep di lokasi kejadian.

Dia menyaksikan orang-orang sudah dalam kondisi berhamburan di jalan, termasuk penumpang anak-anak.

Sementara truk itu dalam keadaan ringsek lantaran terbalik di jalan menurun.

"Yang pasti dari atas (jalan menurun) itu sepertinya enggak bisa ngerem, lalu terbalik tapi berdiri lagi. Soalnya saya dengar suara keras. Korban tergeletak di jalan, banyak yang luka. Saya fokus nolong korbannya," ujar Aep.

"Penumpangnya ada dewasa sama anak-anak. Pada menjerit-jerit, saya selamatkan dulu yang tergencet di bawah ban. Kalau meninggal atau enggaknya kurang tahu, setelah itu saya bantu korban lainnya," kata Aep menambahkan.

Camat Cipongkor, Rega Wiguna menyatakan seluruh penumpang truk bak terbuka adalah warga Desa Citalem, Kecamatan Cipongkor.

"Ya mereka baru pulang menghadiri acara haul di Cianjur. Diperkirakan truk itu bermuatan 21-22 orang, dan ada beberapa warga yang menggunakan kendaraan pribadi," katanya.

Berikut identitas para korban meninggal dalam kecelakaan maut di Kabupaten Bandung Barat:

  • Uhin (28)
  • Sifa Nuraeni (23)
  • Lia (17)
  • Ayim (50)
  • Alif Alvian (17)

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Bagus Puji Panuntun,Faqih Rohman Syafei | Editor: David Oliver Purba, Reni Susanti), Tribunpriangan.com

https://bandung.kompas.com/read/2024/01/26/180800378/detik-detik-kecelakaan-truk-angkut-30-peziarah-di-bandung-barat-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke